Daging sapi beku
Destinasi & Kuliner

Menyimpan Stok Daging Kurban Agar Awet Lebih Lama

  • Momen hari raya Iduladha tahun 2023 atau 1444 Hijriah telah tiba dan diperingati oleh seluruh lapisan umat muslim di Indonesia.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Momen hari raya Iduladha tahun 2023 atau 1444 Hijriah telah tiba dan diperingati oleh seluruh lapisan umat muslim di Indonesia. Pada momen ini umat muslim melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih hewan sapi, kambing, domba ataupun terkadang juga ada yang menyembelih kerbau. Daging dari hasil hewan yang dikurbankan ini nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada hari raya kurban tidak jarang masyarakat mendapatkan stok daging kurban yang cukup melimpah banyak. Jumlah daging yang sedemikian banyak ini tidak mungkin apabila langsung diolah atau dimasak sekaligus dalam satu waktu. Oleh karena itu masyarakat terkadang menyimpan daging kurban tersebut sebagai stok untuk beberapa waktu kedepan.

Guna menyimpan daging kurban tersebut tidak dapat dilakukan dengan cara yang asal. Diperlukan cara tertentu agar daging dapat awet dan bertahan lama sehingga apabila di kemudian hari daging ini dioalah rasanya masih tetap enak. Apabila dilakukan dengan cara asal, dikhawatirkan daging menjadi busuk ataupun tidak enak lagi untuk diolah. Berikut ini adalah cara untuk mengawetkan daging agar tahan lama.

Segera Simpan Daging pada Freezer tanpa Mencucinya

Apabila mendapat daging kurban dan tidak ingin untuk segera memasaknya, maka kita dapat segera memasukkan daging tersebut ke dalam freezer. Mencuci daging kurban sebelum disimpan akan menyebabkan air yang meresap pada daging membuat kualitas daging menurun. 

Selain itu air yang meresap juga akan menimbulkan bau pada daging yang hendak disimpan. Pastikan juga ketika memasukkan freezer suhunya berada pada posisi beku sehingga daging akan semakin lebih awet dan tahan lama.

Memotong dan Memasukkan Daging pada Wadah Tertutup

Seringkali kita ketika mendapat daging kurban masih berbentuk potongan yang besar. Hal ini jelas menyulitkan ketika kita ingin menyimpannya. Oleh karena itu, potong daging menjadi potongan yang lebih kecil agar mudah disimpan. Setelah itu masukkan pada wadah yang tertutup. Ini dilakukan supaya daging tidak terkena udara luar maupun lalat hinggap yang dapat mempercepat penurunan kualitas daging. Setelah dimasukkan pada wadah tertutup, daging dapat segera di freezer agar lebih awet.

Jangan Masukkan Kembali ke Freezer Daging Beku yang Telah Dicairkan

Adakalanya kita ingin mengolah daging yang telah kita simpan lalu mengambil daging beku yang telah disimpan. Pada tahap ini usahakan mengambil daging secukupnya yang kita butuhkan. Bukan tanpa sebab, daging beku yang telah dicairkan tidak dianjurkan untuk dibekukan kembali karena kualitasnya akan menjadi menurun dan tidak enak lagi untuk dikonsumsi. Daging juga akan lebih cepat membusuk jika telah pada kondisi yang demikian.

Bumbui Daging

Salah satu cara untuk mengawetkan daging adalah dengan mengolahnya dan membumbuinya. Proses pengolahan yang lama serta bumbu rempah yang beraneka ragam akan meningkatkan daya tahan keawetan daging. Cara ini juga mempermudah kita karena telah ada stok daging matang sehingga jika ingin segera mengkonsumsi daging dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus memasaknya lagi.