Thanksgiving
Dunia

Menyorot Jumlah Makanan Terbuang Saat Thanksgiving

  • Organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk mengurangi limbah makanan ReFED menyebutkan bahwa orang Amerika akan membuang sekitar 312 juta pon kalkun, kentang tumbuk, isian, casserole, dan makanan perayaan lain yang dimasak kerabat mereka.
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Organisasi nirlaba yang berdedikasi untuk mengurangi limbah makanan ReFED menyebutkan bahwa orang Amerika akan membuang sekitar 312 juta pon kalkun, kentang tumbuk, isian, casserole, dan makanan perayaan lain yang dimasak kerabat mereka. 

Direktur komunikasi ReFED Jeffrey Constantino menyebut musim liburan terutama Thanksgiving sangat identik dengan segala sesuatu yang berlimpah. 

“Hal ini tidak mengherankan karena ini adalah makanan terbesar yang mungkin akan disantap sebagian besar dari kita sepanjang tahun,” katanya. 

Dikutip TrenAsia.com dari laman Washington Post pada Kamis, 23 November 2023, data Badan Perlindungan Lingkungan, Amerika Serikat menghabiskan US$440 miliar Rp6,86 kuadriliun (kurs Rp15.595) per tahun untuk memproduksi makanan yang hanya akan terbuang dan tidak dimakan oleh siapapun. 

Angka ini setara dengan 2% dari produk domestik bruto negara dengan julukan Negeri Paman Sam tersebut. 

ReFED juga mencatatkan bahwa 8% emisi gas rumah kaca global yang melimpah di Amerika menimbulkan dampak ekonomi dan lingkungan yang berlebihan. Dampak ini mencakup energi dan sumber daya yang digunakan untuk pertanian, pengemasan, dan pengangkutan makan yang tidak dimakan secara bertanggung jawab atau disebut sampah makanan liburan. 

Untuk mencegah dampak ini terulang dan mengurangi limbah makanan saat Thanksgiving, Constantino menyarankan tiga tips sederhana yang bisa Anda lakukan. 

Meninggalkan Ruangan Selama Beberapa Detik 

Meninggalkan ruangan selama beberapa detik dapat menahan nafsu impulsif Anda untuk mengambil makanan terlampau banyak dalam piring Anda. 

“Pemandangan tentang piring yang penuh dengan makanan adalah sesuatu yang diasosiasikan banyak orang dengan Thanksgiving,” kata Constantino. 

Rencanakan dengan Baik Sisa Makanan 

Dorong tamu Anda untuk membawa wadah makan mereka sendiri sehingga jika makanan mereka tidak habis, mereka bisa membawanya pulang. 

Selain itu Anda juga bisa membuat rencana hendak diapakan makanan sisa ini. Constantino menyarankan Anda untuk mengosongkan ruang di kulkas dan freezer terlebih dahulu untuk tempat semua makanan yang harus Anda simpan. 

Ingat bahwa makanan di dalam kulkas hanya bisa bertahan selama beberapa hari, jadi jika Anda tidak berencana untuk memakan makanan tersebut dalam waktu dekat silahkan masukkan ke freezer.