<p>General Partner Arise dari MDI Ventures Aldi Adrian Hartanto (kedua dari kanan) saat melakukan signing ceremony peluncuran Arise Fund disaksikan perwakilan dari Finch Capital Hans De Back (kedua dari kiri), Wakil Duta Besar Belanda untuk Indonesia Ardi Stoios-Braken (paling kanan) dan Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kiri) di Jakarta, Kamis 26 November 2020. Arise Fund adalah sebuah badan investasi dengan fokus pendanaan tahap awal bagi startup teknologi Indonesia / Dok. Telkom</p>
Fintech

Merah Putih Fund Gelontorkan Rp4,27 Triliun Untuk Bangun Ekosistem Start Up

  • JAKARTA - Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah mengatakan Merah Putih Fund merupakan modal ventura yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Fintech
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - Direktur Utama PT Telkom Indonesia, Ririek Adriansyah mengatakan Merah Putih Fund merupakan modal ventura yang diinisiasi oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk membangun ekosistem startup di Indonesia.

Merah Putih Venture Fund kini dikelola lima corporate venture capital BUMN yang terdiri dari Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Ventures.

"Merah Putih Fund menargetkan dana kelolaan hingga US$300 juta atau setara dengan Rp4,27 triliun (Kurs dollar Rp 14.235 rate JISDOR), yang nantinya akan melakukan investasi ke soonicorn (soon to be unicorn) di Indonesia," ucap Ririek Adriansyah, dalam keterangan pers, Kamis, 23 Desember 2021.

Ririek pun menjelaskan jika pihaknya akan terus melakukan kolaborasi digitalisasi dengan pemerintah, pelaku bisnis.

Selain itu, Telkom juga membuat micro credential sebuah program studi independen bersetifikat yang diinisasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang berpengalaman, agar nantinya dapat terjun langsung ke dalam dunia industri bidang AI dan siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

“Telkom meyakini dengan digitalisasi dan kolaborasi semua pihak, seperti pelaku bisnis, Pemerintah, institusi dan lainnya dapat menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” tutup Ririek