<p>Warga menunjukkan uang kertas rupiah baru tahun emisi 2016 usai melakukan penukaran di pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin (19/12). Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Merasa Sudah Hemat Tapi Uang Selalu Habis? Ini Cara Buat Uang Bekerja untuk Anda

  • Pernahkah Anda merasa sudah menghemat pengeluaran sesedikit mungkin namun uang justru tetap habis? Ini cara yang bisa Anda lakukan agar uang bekerja untuk Anda
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Pernahkah Anda merasa sudah menghemat pengeluaran sesedikit mungkin namun uang justru tetap habis? Anda mungkin merasa bingung kemudian mengingat apa saja barang yang sudah Anda beli yang membuat uang selalu habis. 

Namun ternyata, untuk dapat memiliki tabungan tidak selalu Anda harus bekerja keras atau ekstra berhemat. Tak hanya berhemat, Anda bisa membuat uang Anda ikut bekerja untuk Anda. 

Hal itu berarti Anda bisa lebih mengendalikan keuangan Anda untuk terus meningkatkan stabilitas dan keamanan keuangan Anda.

Berikut beberapa cara yang bisa membuat uang bekerja untuk Anda. 

Belajar Menganggarkan

Anggaran merupakan alat penting yang dapat mengubah cara Anda untuk mengendalikan uang. Saat Anda dapat membuat anggaran, Anda dapat memahami dari mana uang Anda berasal dan memiliki tujuan di mana Anda membelanjakannya. Anda bisa mengendalikan uang Anda untuk melakukan apa yang Anda inginkan, daripada menghabiskan tanpa rencana.

Untuk melakukannya, Anda perlu menetapkan setiap rupiah yang Anda peroleh ke kategori pengeluaran. Anda perlu membuat anggaran setiap hari dan selalu menyesuaikan anggaran dari bulan ke bulan.

Terbebas dari Utang

Ketika Anda berutang, Anda membayar lebih dari biaya pembelian awal. Anda juga harus melakukan pembayaran bunga yang secara substansial dapat memotong pendapatan Anda.

Utang berarti uang Anda tidak bekerja untuk Anda. Utang justru menciptakan beban keuangan dan membatasi pilihan yang dapat Anda buat.

Buat Dana Darurat

Tidak memiliki dana darurat sama sekali akan membuat Anda sama sekali tidak memiliki kendali atas keuangan Anda. Memiliki dana darurat adalah cara lain untuk membuat uang bekerja untuk Anda karena itu berarti Anda telah merencanakan mengantisipasi kejadian tidak terduga. 

Membangun dana darurat bisa memakan waktu. Idealnya, Anda harus menabung setara dengan pendapatan tiga sampai enam bulan. Tetapi setiap sedikit yang dapat Anda sisihkan akan membantu.

Simpan dan Investasikan Uang

Setelah Anda membebaskan semua uang esktra dari melunasi utang Anda, Anda mulai bisa menggunakan uang untuk bekerja melalui tabungan dan investasi. Selain dana darurat, Anda juga akan membutuhkan rekening pensiun dan mulai mempertimbangkan untuk mulai menabung untuk pendidikan anak-anak, membeli rumah, mobil, dan sebagainya. Dengan membuat dana tabungan yang ditentukan, Anda dapat melacak kemajuan Anda menuju tujuan tertentu.

Ketika Anda memasukkan uang Anda ke dalam investasi, uang itu tumbuh dengan sendirinya melalui bunga atau peningkatan nilai dari hal yang Anda investasikan. Beberapa investasi juga membayar dividen , yang dapat Anda ambil sebagai pendapatan tambahan atau investasikan kembali untuk membantu pertumbuhan portofolio Anda.

Saat Anda mulai berinvestasi, penting untuk mendiversifikasi portofolio Anda. Memiliki semua uang Anda hanya dalam satu jenis investasi meningkatkan risiko Anda. Jika investasi tunggal itu gagal, semua uang Anda bisa hilang.