Suasana Qubika Hotel berbahan kontainer bekas di kawasan Gading Serpong, Tangerang, Banten, Minggu 20 Oktober 2021. Hotel yang terbuat dari 174 kontainer bekas ini mengusung konsep Industri Modern. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Merasakan Sensasi Menginap di Tumpukan Kontainer Bekas

  • Ingin mencari pengalaman menginap yang berbeda dan unik? Mungkin Qubika Hotel Gading Serpong adalah jawabannya.
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Ingin mencari pengalaman menginap yang berbeda dan unik mungkin Qubika Hotel Gading Serpong adalah jawabannya. Boutique hotel berkonsep milenial ini memanfaatkan kontainer bekas dan didaur ulang menjadi interior utama dari keseluruhan bangunan hotel. 

Hotel ini mengusung konsep out of the box yang mengutamakan keunikan dibanding kemewahan. Target pasar dari hotel adalah keluarga dan kalangan milenial gemar mengabadikan foto berlatar belakang unik dan ciamik untuk mempercantik tampilan sosial media mereka.

Konsep ini berawal dari kepedulian pemilik hotel yang melihat tumpukan kontainer yang terbengkalai dan akhirnya hanya menjadi sampah. Ide liarnya timbul untuk merubah kontainer ini menjadi hotel dengan melihat kebutuhan milenial yang serba Instagrammable, sampah yang menumpuk bisa disulap menjadi hotel yang menarik. 

Hotel bintang tiga ini juga mengutamakan pengalaman tamu yang menginginkan suasana baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Kemudian, ada juga spot foto di setiap sudut hotel, mulai dari lobi, kamar hingga tempat parkir. Selain itu, kesadaran pendiri hotel akan keadaan lingkungan juga menjadi alasan penggunaan kontainer sebagai ornamen utama desain interiornya. Terlihat dari beberapa kontainer dengan kondisi penyok namun tetap otentik.

Qubika Hotel didesain secara minimalis agar para tamu merasa nyaman. Tipe kamar di Qubika Hotel terbagi menjadi empat tipe, yaitu Superior, Deluxe, Suite, dan Club Suite. Rinciannya, tipe Superior dilengkapi dengan fasilitas pada umumnya, yaitu kasur, kamar mandi, wastafel, peralatan mandi, dan keperluan standar hotel lainnya. Perbedaan Superior dengan Deluxe adalah ukuran kamarnya yang lebih besar dan luas. Kapasitas untuk dua tipe ini hanya bisa menampung dua orang per kamarnya.

Kemudian, kamar Suite memiliki ukuran yang lebih besar dibanding Deluxe dengan kapasitas hingga empat orang. Untuk pengalaman yang lebih maksimal, Qubika Hotel menyediakan dua kamar untuk tipe Club Suite yang berukuran dua kali lebih besar dibanding tipe Suite. Kamar ini bisa menampung hingga enam orang. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia