Nampak sejumlah pengunjung tengah mengamati koleksi hewan di pameran hewan peliharaan Pets Colony Living World Alam Sutra, Tangerang Selatan yang berlangsung hingga tanggal 8 Agustus 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Foto

Meraup Cuan Dari Maraknya Bisnis Hewan Peliharaan

  • Banyak orang sangat mencintai hewan peliharaannya, malah ada yang lebih mengurus hewan peliharaan daripada diri sendiri. Jika Anda salah satunya, maka Anda term
Foto
Panji Asmoro

Panji Asmoro

Author

Banyak orang sangat mencintai hewan peliharaannya, malah ada yang lebih mengurus hewan peliharaan daripada diri sendiri. Jika Anda salah satunya, maka Anda termasuk dalam kelompok pecinta hewan peliharaan. 

American Pets Product Association pernah merilis bahwa pemilik hewan peliharaan menghabiskan lebih dari US$60.28 miliar atau setara dengan Rp860 triliun pada tahun 2015 hanya untuk mengurus hewan peliharaannya.

Artinya, sangat banyak pecinta hewan peliharaan yang rela menghabiskan uangnya demi hewan kesayangannya. Bisnis hewan peliharaan memang tengah marak di masa sekarang ini.

Apalagi disaat pandemi kemarin banyak mereka yang menghabiskan waktu dirumah bersama hewan kesayangannya. Tak hanya bisnis hewan peliharaan saja tetapi bisnis sarana dan prasarana pendukungnya seperti pet shop dan juga dokter hewan pun semakin umum di tengah masyarakat.

Dari sinilah peluang bisnis bisa dibangun, misalkan salon hewan, jasa pet grooming biasanya dapat ditemukan di salon hewan peliharaan, mulai dari memandikan, memotong bulu, menyisir dan merapikan bulu, hingga menggunting kuku hewan kesayangan Anda. Selain itu ada profesi pet sitter. 

Banyak penggemar hewan peliharaan yang tidak sempat menjaga hewan kesayangannya karena harus bekerja, sehingga mereka akan sangat terbantu dengan adanya pet sitter

Foto : Panji Asmoro/TrenAsia