<p> Mercedes-EQ 400/Autoweek</p>
Tekno

Mercedes-Benz Adaptasi ChatGPT, Penumpangnya Bisa Ngobrol dengan Mobil

  • Produsen otomotif asal Jerman, Mercedes Benz mengadaptasi sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) ke mobil buatannya.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

BERLIN- Produsen otomotif asal Jerman, Mercedes Benz mengadaptasi sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) ke mobil buatannya. Ini menjadikan euforian terkait pemanfaatan kecerdasan buatan kini diterapkan ke alat otomotif.

Pada Jumat, 16 Juni 2023, kisaran  900.000 pengemudi Mercedes di AS akan dapat memilih program beta dan menambahkan kemampuan ChatGPT ke mobil mereka melalui pembaruan perangkat lunak.

Mengutip Insider, Pembuat mobil Jerman itu mengatakan ChatGPT akan menambah asisten suara "Hey Mercedes" yang sudah ada. Lewat teknologi AI yang diadaptasi dari ChatGPT, kendaraan tersebut kini kemungkinan bisa menanggapi berbagai permintaan yang lebih luas dan bahkan melakukan percakapan penuh.

Lewat teknologi kolaborasi yang disediakan Mercedes-Benz dan ChatGPT, kini penggna dapat mengbrol dengan kendaraan. Mulai dari bicara tentang arti hidup hingga karya sastra.

"Segera, peserta yang bertanya kepada Asisten Suara untuk detail tentang tujuan mereka, untuk menyarankan resep makan malam baru, atau untuk menjawab pertanyaan yang rumit, akan menerima jawaban yang lebih komprehensif  sambil tetap memegang kemudi dan memperhatikan jalan," kata Mercedes dalam siaran pers.

Lebih lanjut, program ini juga akan tersedia di aplikasi Mercedes-Benz.

Ancam Keberadaan Asisten Suara

Adanya fitur kolaborasi dengan Mercedes Benz menjadikan  asisten suara di mobil terkena dampak dan bahkan hilang.

Sebagaimana diketahui, asisten suara pada Mercedes-Benz berguna untuk menyalakan AC atau memasang penghangat duduk saat Anda tidak ingin mengutak-atik kontrol layar sentuh.

Sejumlah pengguna memiliki pengalaman positif dengan perangkat lunak Mercedes-Benz di masa lalu. Karenya, keberadaan ChatGPT pada kendaraan ini diharapkan akan membuatnya lebih baik dan lebih bermanfaat.