Livery khusus KAI
Transportasi dan Logistik

Meriahkan HUT ke-78 RI, Kereta Api dan Stasiun Tampil Beda

  • VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menyebutkan livery khusus peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di kereta api dan stasiun tersebut merupakan bukti nyata semangat cinta tanah air dari KAI dalam menggelorakan jiwa patriotisme bersama masyarakat Indonesia.

Transportasi dan Logistik

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - Sebagai bagian dari memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI hadirkan livery khusus pada lokomotif dan keretanya. Selain itu, stasiun-stasiun juga dihias dengan ornamen HUT RI. 

Melansir Kabar BUMN, pemasangan livery khusus tersebut ditujukan dalam rangka menyemarakkan semangat Merah Putih dan menggelorakan semangat nasionalisme kepada masyarakat melalui transportasi kereta api.

 VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menyebutkan livery khusus peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di kereta api dan stasiun tersebut merupakan bukti nyata semangat cinta tanah air dari KAI dalam menggelorakan jiwa patriotisme bersama masyarakat Indonesia.

Adapun rangkaian kereta api yang akan dipasang KAI livery khusus peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI adalah KA Argo Lawu (relasi Gambir - Solo Balapan /pp), KA Argo Bromo Anggrek (relasi Gambir - Surabaya Pasarturi /pp), KA Argo Wilis (relasi Bandung - Surabaya Gubeng / pp), KA Argo Semeru (relasi Gambir - Surabaya Gubeng / pp), KA Argo Parahyangan (relasi Jakarta - Bandung /pp), KA Turangga (relasi Bandung - Surabaya Gubeng / pp), dan KA Bima (relasi Gambir - Surabaya Gubeng / pp).

Livery khusus tersebut memiliki latar berwarna merah dengan gambar siluet peta Indonesia logo Kemerdekaan Ke-78 RI dengan tema "Terus Melaju untuk Indonesia Maju", serta tulisan "Dirgahayu Republik Indonesia" #KAIUNTUKINDONESIA dengan warna putih.

Joni menjelaskan unsur-unsur yang terkandung dalam livery khusus kemerdekaan tersebut mencerminkan nilai-nilai pancasila dan persatuan bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, serta menjalin kolaborasi guna mewujudkan Indonesia Maju.

Tulisan #KAIUNTUKINDONESIA yang tertera pada livery tersebut mengandung arti bahwa KAI terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Indonesia dengan lebih cepat dan lebih baik melalui layanan transportasi kereta api.

KAI telah mengambil komitmen untuk terus menyediakan sarana transportasi yang aman, nyaman, dan dapat diandalkan bagi masyarakat.

KAI juga menghias sejumlah stasiun seperti Stasiun Gambir, Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan stasiun-stasiun lainnya dengan berbagai ornamen kemerdekaan. Pada sejumlah stasiun tersebut KAI juga memasang Bendera Merah Putih dengan berbagai ukuran serta gate dengan corak yang sama seperti livery kereta api.

Joni berharap dengan menghadirkan livery khusus dan ornamen-ornamen di stasiun, pelanggan dapat ikut merasakan semangat nasionalisme melalui transportasi kereta api.