Karyawan mengambil gambar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu, 29 September 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Meroket Tajam, BEI Suspensi Saham TMAS dan CNTX

  • PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara perdagangan saham (suspensi) PT Temas Tbk (TMAS)  dan PT Century Textile Industry Tbk (CNTX) serta saham seri B Centex (CNTB) pada Selasa, 7 Desember 2021.
Pasar Modal
Merina

Merina

Author

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan penghentian sementara perdagangan saham (suspensi)  PT Temas Tbk (TMAS)  dan PT Century Textile Industry Tbk (CNTX) serta saham seri B Centex (CNTB) pada Selasa, 7 Desember 2021.

Bedasarkan Pengumuman di BEI Selasa, 7 Desember, Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M Panjaitan dan Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Irvan Susandy, mengumumkan terjadinya peningkatan harga saham yang kumulatif dalam waktu yang singkat oleh kedua emiten, sehingga diperlukan penghentian aktifitas perdagangan sementara bagi kedua saham tersebut.

"Sehubungan dengan terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham PT Century Textile Industry Tbk., dalam rangka cooling down, PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan Saham," tulisnya dalam keterangan resmi.

Supensi ini dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai, bertujuan untuk memberikan waktu kepada pelaku pasar dalam mengambil keputusan terkait aktifitas perdagangan yang akan dilakukan terhadap saham perseroan.

Sebelumnya, saham TMAS telah dalam pengawasan BEI  dalam Unusual Market Activity (UMA) pada 22 November.  Hal itu terjadi lantaran kenaikan harga saham yang siginifikan. Saham milik TMAS menguat sejak Selasa, 7 Desember sebesar 12,92%  seharga Rp1,005 per lembar saham.

Sementara itu, saham CNTX & saham seri B (CNTB) dalam pengawasan BEI dengan peningkatan 19,20% ke level Rp360 per lembar saham.