<p>Sumber: Currys.co.uk</p>
Gaya Hidup

Mesin Cuci Sarang Penyakit?

  • Mesin cuci berguna untuk membersihkan pakaian dari segala macam debu dan kotoran serta kumanAkan tetapi dalam kenyataannya, tak semua mesin cuci benar-benar membuat pakaian bebas kuman dan penyakit.  Mesin cuci juga bisa menjadi sarang kuman dan penyakit. Disitat dari CNNIndonesia, ada sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa terkadang mesin cuci bisa mengandung bakteri yang kbeal terhadap obat sehingga berpotensi menimbulkan risiko bagi orang yang rentan.  Para […]

Gaya Hidup
Virdika Rizky

Virdika Rizky

Author

Mesin cuci berguna untuk membersihkan pakaian dari segala macam debu dan kotoran serta kumanAkan tetapi dalam kenyataannya, tak semua mesin cuci benar-benar membuat pakaian bebas kuman dan penyakit.  Mesin cuci juga bisa menjadi sarang kuman dan penyakit.

Disitat dari CNNIndonesia, ada sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa terkadang mesin cuci bisa mengandung bakteri yang kbeal terhadap obat sehingga berpotensi menimbulkan risiko bagi orang yang rentan. 

Para peneliti studi menggambarkan sebuah kasus di mana mesin cuci dikaitkan dengan penyebaran bakteri resisten terhadap obat pada bayi baru lahir di rumah sakit Jerman. Ini adalah kasus pertama yang dilaporkan sebagai akibat dari mesin cuci rumah sakit yang menyebarkan patogen berbahaya pada pasien. 


Penulis utama studi Riarda Schmithausen, seorang dokter senior di Institut for Hygiene and Public Health di University Hospital Bonn di Jerman mengungkapkan bahwa kasus ini dianggap tak biasa untuk rumah sakit karena melibatkan jenis mesin cuci rumah tangga, dan bukan mesin cuci industri yang biasanya dipakai. 


Kondisi ini pun dikaitkan dengan adanya kemungkinan mesin cuci rumah tangga juga bisa menyebarkan penyakit. Para penulis mengungkapkan bahwa mesin cuci rumah tangga khususnya mesin cuci hemat energi yang menggunakan suhu air lebih rendah. Hal ini membuat mesin cuci lebih kecil kemungkinannya untuk membunuh patogen. 

Dalam kasus di rumah sakit ini yang dimuat dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology, dokter memperhatikan bahwa ada bakteri Klebsiella oxytoca yang ditemukan di kulit bayi baru lahir, tapi tak menyebabkan infeksi. Namun bakteri ini bisa menyebabkan infeksi serius di panti jompo, unit bayi baru lahir, dan unit perawatan intensif. 

Bakteri ini bisa menyebabkan berbagai kondisi seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, dan infeksi luka, terutama pada mereka yang sistem kekebalannya melemah. 

Para ahli menyatakan, mereka tak perlu khawatir tentang mesin cuci mereka bakal jadi sarang penyakit. 

“Memang, mesin cuci dirancang untuk menghilangkan kotoran dan bau, tapi mereka tak dirancang untuk membuat pakaian Anda jadi steril,” ujar Amesh Adalja, dokter spesialis penyakit menular.