Pemandangan umum bangunan dan masjid di Ibu Kota Administrasi Baru (NAC) di timur Kairo, Mesir (Reuters/Mohamed Abd El Ghany)
Dunia

Mesir Alokasikan Rp900 T untuk Ibu Kota Baru di Gurun Pasir

  • Proyek ini merupakan inisiatif terbesar selama kepemimpinan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, yang telah menjabat sejak tahun 2014. Ibu kota baru Mesir ini belum memiliki nama resmi, namun sering disebut sebagai New Administrative Capital (NAC).
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Mesir mengalokasikan dana sebesar US$58 miliar atau setara dengan Rp900 triliun (dengan asumsi kurs Rp15.531 per dolar AS) untuk membangun ibu kota baru yang terletak 45 km di sebelah timur Kairo.

Proyek ini merupakan inisiatif terbesar selama kepemimpinan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi, yang telah menjabat sejak tahun 2014. Ibu kota baru Mesir ini belum memiliki nama resmi, namun sering disebut sebagai New Administrative Capital (NAC).

Pembangunan kota baru di tengah gurun pasir ini telah dimulai sejak tahun 2015, tetapi sejumlah proyek masih belum selesai karena seringkali mengalami penundaan akibat berbagai faktor.

Pegawai pemerintah telah dipindahkan pada bulan Juli ke kementerian dan kantor yang dibangun dalam tahap pertama kota baru, delapan tahun setelah peluncuran proyek yang dikenal sebagai New Administrative Capital (NAC).  “Kami memiliki hampir 48 ribu karyawan yang datang setiap hari (ke NAC),” ujar Abbas, dikutip dari Reuters, Selasa, 9 Januari 2024.

Dibangun di tanah belum terjamah, kota ini dirancang untuk menjadi model teknologi tinggi bagi masa depan Mesir, menjauh dari keramaian dan kekacauan Kairo. Pemerintah ingin kota ini menyerap sebagian dari pertumbuhan populasi Mesir, yang diperkirakan meningkat sebesar 1,6% setiap tahun.

Meskipun terlihat bahwa progres pekerjaan telah melambat belakangan ini, tahap pertama kota tersebut telah mencakup menara setinggi 70 lantai—yang merupakan tertinggi di Afrika—sebuah gedung opera dengan lima aula, sebuah masjid mega, dan katedral terbesar di Timur Tengah.

Kereta listrik dari bagian Kairo timur telah beroperasi pada musim semi tahun lalu, dan Abbas menyatakan monorel yang ditinggikan dijadwalkan akan beroperasi mulai kuartal kedua tahun ini. “Hingga 100.000 unit rumah telah selesai dibangun dan 1.200 keluarga telah pindah,” tambahnya.

Bank-bank besar dan bisnis lain akan memindahkan kantor pusatnya pada kuartal pertama tahun 2024.

Air Sungai Nil

“ACUD siap menunjuk seorang konsultan untuk menyusun rencana induk untuk fase kedua, ketiga dan keempat ibu kota,” kata Abbas. Setiap tahap satu dan dua diharapkan memiliki 1,5 juta penduduk, dan masing-masing akan mencakup 40.000 feddan (168 kilometer persegi). Pekerjaan pada tahap dua seharusnya berlangsung mulai akhir tahun ini hingga 2027.

“Kami memiliki banyak permintaan sekarang. Itu sebabnya kita harus segera memulai fase kedua. Jika ada permintaan, maka setelah satu tahun atau semacamnya kita bisa mengerjakan tahap tiga,” kata Abbas. Lansekap juga telah dimulai di taman irigasi sepanjang 10 km, yang dijuluki Green River.

Sebuah pabrik di dekat pinggiran kota Kairo, Maadi, akan mengirimkan 800.000 meter kubik air Nil yang langka per hari, mulai dalam dua tahun. Pabrik kedua, 700.000 meter kubik direncanakan. Bersama-sama keduanya akan mengkonsumsi sekitar 1% dari bagian Mesir dari air Sungai Nil.

Abbas menambahkan, ACUD berharap dapat meresmikan arena olahraga raksasa, Olympic City, dengan stadion berkapasitas 93.000 kursi, pada kuartal kedua.

“ACUD, dimiliki 51% oleh militer dan 49% oleh kementerian perumahan, menghabiskan 500 miliar pound Mesir untuk infrastruktur dan bangunan tahap satu,” jelas Abbas.

Jumlah tersebut sekitar US$16 miliar dengan kurs pertukaran saat ini, atau US$32 miliar sebelum Mesir memulai serangkaian devaluasi pada Maret 2022.  “Infrastruktur tahap kedua akan menelan biaya 250-300 miliar pound lagi,” kata Abbas.

Pada 2019, pendahulu Abbas memberi label harga untuk ibu kota baru itu sebesar US$58 miliar. Keuangan Mesir mengalami tekanan akibat mata uang yang terlalu terhargai, penurunan dana remitansi, dan lonjakan biaya pembayaran utang setelah melakukan pinjaman besar dari luar negeri.

Abbas mengungkapkan, untuk membantu biaya, ACUD berencana untuk melepas 5-10% sahamnya di bursa saham pada akhir tahun 2024 dalam penjualan yang dapat mengumpulkan 150-200 miliar pound.

“Dalam enam bulan, kita akan siap mengambil keputusan untuk terjun ke pasar saham,” tegasnya.