Penampakan tribun di Stadion Manahan, Solo.
Olahraga

Meski Ada Catatan FIFA Sebut Rumput Stadion Manahan Solo Oke, Ini Rinciannya

  • Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solo Rini Kusumandari mengatakan, tim inspeksi FIFA menilai kondisi rumput lapangan sudah bagus, namun, masih ada catatan yang harus diperbaiki seperti fasilitas penunjang di Stadion Manahan Solo.

Olahraga

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah memaparkan hasil tim inspeksi FIFA terkait kesiapan fasilitas dan lapangan Stadion Manahan Solo sebagai tempat penyelenggara Piala Dunia U-17.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solo Rini Kusumandari mengatakan, tim inspeksi FIFA menilai kondisi rumput lapangan sudah bagus, namun, masih ada catatan yang harus diperbaiki seperti fasilitas penunjang di Stadion Manahan Solo.

“Soal Stadion Manahan Solo tinggal fasilitas saja, kalau arena pertandingan sepak bola (termasuk rumput lapangan) Piala Dunia U-17 tidak ada masalah dari FIFA," ungkap Rini di Solo dikutip Selasa 29 Agustus 2023.

Rini mengatakan, tim inspeksi FIFA akan kembali menyambangi Stadion Manahan Solo pada September mendatang. Mereka berharap seluruh fasilitas yang menjadi catatan telah diperbaiki sesuai dengan standar ketentuan.

Dalam inspeksi tersebut, FIFA membawa 15 orang yang berasal bidang manajemen, keamanan, pemasaran, media center informasi dan teknologi. Kata Rini, ada sejumlah perbaikan minor yang harus segera dikerjakan, yakni tribune railing depan VIP, furnitur, kamera di tribun, security server, dan sumur Stadion Manahan Solo.

Rincian Perbaikan Minor

FIFA meminta tribune railing di depan ruang VIP dipotong karena mengganggu pandangan ke arah lapangan. Induk organisasi tertinggi dunia itu menilai furnitur dan perabotan di Stadion Manahan Solo harus ditambah. "Khusus furniture, menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Surakarta, tetapi untuk yang fisik tanggung jawab dari Kementerian PUPR," kata Rini.

Lalu untuk penambahan platfom kamera di tribun menjadi tugas Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). "Kami pemerintah kota menganggarkan furnitur dan platfom kamera di ruang konferensi pers yang harus ada platfom kamera," ucap dia.

FIFA juga meminta supaya ditambahkan dua security server yang masing-masing terletak di Stadion Manahan dan di dekat kantor pengelola. Hal itu agar server kantor dan stadion menjadi satu sehingga pemantauan dapat dilakukan secara terpusat dan efisien. "Jadi petugas tidak hanya memantau saja, tetapi mereka bisa dimana fokus yang menjadi perhatian," jelasnya.

Terakhir, FIFA juga menyoroti soal jumlah sumur di Stadion Manahan Solo yang hanya memiliki satu unit. Mereka menilai perlu lebih banyak sumur untuk mengisi tandon air ukuran 1.200 kubik lebih cepat.

Kualifikasi Piala Asia U-23

Sebelum melangsungkan partai Piala Dunia U-17, Stadion Manahan Solo juga bakal digunakan timnas Indonesia untuk ajang kualifikasi Piala Asia U-23 yang dihelat pada September 2023 mendatang.

Diketahui Indonesia ditunjuk oleh AFC sebagai tuan rumah kualifikasi Piala Asia U-23 Qatar.  Mengenai itu, skuad Merah Putih tergabung dalam Grup K bersama dengan Turkmenistan dan Taiwan.

Perdana Indonesia bakal menghadapi Taiwan pada laga pertama mereka di Grup K, Sabtu (9/9/2023). Pada laga kedua, Tim Garuda berjumpa dengan Turkmenistan, Selasa (12/9/2023).

Sebagai informasi, juara grup dari babak kualifikasi itu, langsunv lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 yang akan digelar di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Tak hanya itu, empat negara runner up terbaik juga berhak lolos.