Ilustrasi PHK.
Gaya Hidup

Meski Belum Terjadi, 3 Cara Ini Bisa Anda Lakukan Agar Siap Menghadapi Badai PHK

  • Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan agar tetap stabil jika suatu saat terjadi badai PHK atau kehilangan pekerjaan dan sumber pendapatan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kehilangan pekerjaan baik karena PHK atau layoff bisa terjadi kepada siapa saja. Ancaman tersebut tentu harus membuat Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan mempertimbangkan pengeluaran, mengetahui pendapatan selama ini, dan mengumpulkan pertahanan yang bisa diperoleh jika suatu saat badai tersebut akan datang.

Meski menakutkan, ada baiknya jika Anda melakukan persiapan dari sekarang. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Mempersiapkan Keuangan untuk Menghadapi Kehilangan Pekerjaan

1. Kurangi Pengeluaran Jika Memungkinkan

Hal yang bisa Anda lakukan untuk bertahan dan bersiap-siap jika suatu saat terjadi badai PHK adalah dengan mengurangi utang, menghilangkan atau mengurangi tagihan dan langganan bulanan dan mulai mencari tahu apa yang bisa dipotong dari anggaran untuk menurunkan pengeluaran seminimal mungkin.

Anda juga bisa berdiskusi kepada pasangan dengan membuat rencana pengeluaran apa saja yang akan dipotong, bagaimana kebiasaan Anda berbelanja, dan bagaimana cara mendapatkan uang tambahan. Dengan melakukan komunikasi lebih awal dan menyusun rencana, kepanikan akan berkurang jika tiba saatnya Anda harus mengurangi pengeluaran secara signifikan. 

2. Tingkatkan Tabungan

Untuk mempersiapkan kejadian tidak terduga yang bisa saja terjadi, Anda perlu berencana saat berbelanja. Oleh karena itu, buat rencana belanja dalam setiap kategori, lalu bayar setiap tagihan pokok terlebih dahulu seperti membayar listrik, sewa rumah, dan sebagainya untuk mempersiapkan masa depan. Kemudian, Anda juga perlu menabung dana darurat untuk mengatasi masalah keuangan jika suatu saat terjadi kehilangan pekerjaan.

3. Diversifikasi Aliran Pendapatan

Ketika Anda berinvestasi, sebaiknya Anda tidak menempatkan semua uang Anda dalam instrumen investasi yang sama. Pastikan untuk selalu mendiversifikasi investasi untuk bersiap jika suatu saat satu jenis aset atau sektor turun, aset yang lain diharapkan akan naik untuk membantu mengurangi dampak kerugian dan menjaga agar portofolio tetap stabil.

Tidak hanya soal investasi, hal serupa juga perlu diterapkan dalam hal penghasilan. Pastikan Anda dan pasangan memiliki banyak aliran pendapatan yang berasal dari sumber yang tidak terkait. Oleh karena itu, jika salah satu sumber pendapatan hilang, Anda tetap memiliki sumber lain yang bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan keuangan agar tetap stabil jika suatu saat terjadi badai PHK atau kehilangan pekerjaan dan sumber pendapatan.