<p>Inilah cara mengurangi biaya tagihan listrik AC saat musim kemarau/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Meski Beraktivitas di Rumah Saja, 5 Benda Ini Justru Memicu Gangguan Kesehatan

  • Meski beraktivitas di rumah saja, 5 benda ini justru tetap memicu gangguan kesehatan

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Pandemi COVID-19 membuat banyak orang lebih sering beraktivitas di dalam rumah saja. Hal ini karena COVID-19 dapat menyebar dan ditularkan di area di mana banyak kerumunan orang.

Akan tetapi, beraktivitas di rumah saja belum tentu menjamin kesehatan Anda. Pasalnya, ada beberapa benda-benda ini justru memicu gangguan kesehatan bahkan masalah pernapasan dan pencernaan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  1. Jamur
    Spora jamur dan lumut dapat ditemukan di ruangan yang hangat dan lembap, seperti kamar mandi, ruang cuci, dan ruang bawah tanah. Spora yang tumbuh dan berkembang biak dapat menciptakan koloni yang berbahaya untuk kesehatan Anda.

    Kebanyakan jamur di rumah adalah jamur permukaan seperti jamur, sementara yang lain bisa menjadi jamur hitam atau hijau yang akan menembus struktur rumah Anda. Semua jenis jamur mengiritasi sistem pernapasan dan dapat menyebabkan masalah besar bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  1. AC
    Menggunakan pendingin sentral (HVAC) memang tampaknya lebih menghemat biaya. Akan tetapi, hal ini justru berbahaya untuk kesehatan terutama bagi yang memiliki penyakit pada sistem pernapasan.
    Sistem HVAC tidak menarik udara segar, tetapi hanya menyaring dan mendaur ulang udara di dalam ruangan serta meninggalkan racun di dalamnya. Udara tersebut dapat mengandung asap rokok, gas radon, jamur, bahan kimia pembersih, senyawa organik yang mudah menguap, dan karbon monoksida.
  1. Kamar Mandi
    Kamar mandi adalah ruang kecil yang dipenuhi dengan panas dan kelembapan yang mendorong pertumbuhan jamur, kotoran dan limbah tubuh manusia, serta bahan kimia dari produk perawatan dan pembersih pribadi. Bahaya kesehatan mengintai di hampir setiap permukaan dan di udara.
  2. Ruang Tamu
    Salah satu penyebab terbesar gangguan kesehatan karena benda di ruang tamu adalah remote control. Banyak bakteri dan virus penyebab penyakit dapat menempel pada permukaan remote control tersebut. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk membersihkannya dengan lap disinfektan yang disetujui untuk elektronik.
    Masalah terbesar berikutnya adalah kontaminan luar dan debu. Untuk mengatasinya, mintalah semua orang untuk melepas sepatu mereka di pintu, sehingga dpaat mencegah masuknya masalah dari luar. Menggunakan penyedot debu yang baik dengan filter HEPA secara teratur dan sering membersihkan debu akan membuat alergen tetap terkendali.
  1. Kamar Tidur
    Kamar tidur adalah tempat kita beristirahat untuk beristirahat dan memulihkan tubuh kita. Sayangnya, kamar tidur justru dipenuhi dengan bahaya yang tidak hanya memengaruhi tidur Anda, tetapi juga kesehatan Anda.

    Benda yang berpengaruh dalam memburuknya kesehatan Anda adalah tempat tidur. Bantal dan kasur yang tidak dibersihkan dengan baik dipenuhi dengan partikel sel kulit yang kita luruh dan tungau debu yang memakan kulit tersebut. Tungau dapat menghasilkan reaksi alergi yang parah bagi banyak orang. Seprai yang tidak sering dicuci dan benar mengandung bakteri seperti Salmonella dan E.coli yang dapat menyebabkan infeksi dan menyebarkan penyakit.