Penjualan salah satu merk motor listrik di sebuah showroom kawasan Ciater Tangerang Selatan
Nasional

Meski Dibanjiri Insentif, Bengkel Konversi Kendaraan Listrik Baru Ada 21

  • Pemberian bantuan pemerintah atau insetif untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai semakin didorong. Pemerintah mendorong bengkel-bengkel yang bersertifikasi dan melatih para SDM agar semakin banyak konversi kendaraan listrik.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Pemberian bantuan pemerintah atau insetif untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai semakin didorong. Tak hanya itu, pemerintah juga mendorong konversi kendaraan listrik di bengkel-bengkel yang bersertifikasi.

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM Agus Tjahjana mengungkapkan, saat ini saja baru tersedia 21 bengkel Kementerian Perhubungan dengan target konversi 1.900 unit per bulan atau 22.800 unit per tahun.

"Bantuan pemerintah ini disalurkan ke bengkel konversi yang sudah dapat sertifikasi dari Kemenhub, Kementerian ESDM," katanya dalam Konferensi Pers Program Bantuan Pemerintah dan Insentif Fiskal untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), Senin, 20 Maret 2023.

Agus mengatakan, pada 2023 akan dilatih 1.020 bengkel di 10 kota di antaranya Bandung, Semarang, Purbalingga, Surabaya, Medan, Makassar, Denpasar Mataram dan Balikpapan dan lainnya.

Saat ini, Kementerian ESDM tengah menyiapkan Peraturan Menteri ESDM untuk mengakses insetif tersebut. Pihaknya juga menyiapkan platform digital untuk untuk memfasilitasi insentif konversi motor listrik yang bernama SISAPIRA.

Adapun total anggarannya sebesar Rp7 triliun yang Kan dibagi menjadi dua tahap, yaitu di tahun 2023 sebesar Rp1,75 triliun untuk subsidi pembelian 200 ribu unit motor baru dan 50 ribu untuk konversi.

Berikut Daftar Bengkel Terverifikasi untuk Konversi Motor Listrik :

Bali
PT Percik Daya Nusantara 
PT Roda Elektrik Gemilang

Bekasi 
PTDI-STTD

Bogor
Badan Litbang ESDM
CV Kartanagari Group
PT Tri Mentari Niaga

Depok
Politeknik Negeri Jakarta

Jakarta Pusat
PT Ide Inovatif Bangsa

Jakarta Selatan 
Elders Garage
PT Negara Sains Konversi
PT Strum Technology Asia

Jakarta Timur
PT Handhika Garda Parama

Karawang
PT Mitrametal Perkasa

Mojokerto
PT Sarana Makmur Sejahtera

Suarabaya
Institut Teknologi Sepuluh November
PT Braja Elekterik Motor

Surakarta
PT Ekoelekterik Konversi Mandiri

Tangerang 
Juara Bike (Selis)
PT Electric Vehicie TrimotorIndo

Tangerang Selatan
PT Spora Cahaya Indonesia

Cirebon
PT Cogindo Dayabersama