Meski Lagi Tren, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer
Gaya Hidup

Meski Lagi Tren, 7 Makanan Ini Ternyata Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

  • Simak beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda sekarang bisa menggoreng apa saja saat ini bahkan tanpa menggunakan minyak karena ada bantuan air fryer. Air fryer adalah suatu alat yang dapat meniru hasil penggorengan dengan menggunakan udara panas yang menyengat dan hanya sedikit minyak.

Dengan menggunakan air fryer maka akan terkesan lebih praktis karena tidak memerlukan banyak minyak. Namun, ternyata tidak semua makanan cocok dimasak menggunakan air fryer.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui cara membersihkan alat air fryer dan cara menghindari kesalahan umum penggunaan air fryer termasuk apa saja makanan yang tidak cocok dimasak dengan air fryer.

Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya tidak boleh digoreng dengan air fryer.

1. Makanan Basah

Seperti yang dilansir Trenasia dari Reader’s Digest pada Senin 25 September 2023, sebaiknya Anda hindari memasukkan adonan basah ke dalam air fryer. Adonan makanan basah akan membuat air fryer jadi berantakan dan tidak akan mengeras seperti saat terendam dalam minyak yang berarti makanan tidak akan renyah. Jika Anda ingin menambahkan sedikit kerenyahan dan membuat makanan selalu berwarna keemasan, maka sebaiknya lapisi dengan tepung, telur, atau breadcrumbs.

2. Sayuran Segar

Sayuran berdaun hijau seperti bayam akan matang secara tidak merata ketika dimasak menggunakan air fryer. Jika Anda memilih sayuran untuk dimasak dengan air fryer, pilihlah sayuran yang memiliki berat tertentu seperti brokoli dan zucchini.

3. Daging Utuh

Saat menggunakan air fryer untuk memasak daging panggang secara utuh, dikhawatirkan daging panggang tidak dapat dimasukkan dengan benar ke tray air fryer atau tidak. Namun, meskipun dagingnya bisa dimasukkan, sebaiknya tetap menggunakan oven biasa.

Selain itu, daging panggang yang dimasak dengan air fryer biasanya tidak akan matang secara merata dan bagian yang paling dekat dengan sumber panas kemungkinan besar akan gosong. 

4. Keju

Anda mungkin ingin menggoreng keju sebagai camilan, tapi sebaiknya jangan goreng keju di air fryer. Akan tetapi, air fryer tidak benar-benar menggoreng makanan Anda, dan keju yang diletakkan di air fryer tanpa lapisan apapun hanya akan meleleh menjadi genangan air dan sulit untuk dibersihkan. 

5. Biji-bijian Mentah

Biji-bijian seperti nasi dan pasta bisa terasa renyah dengan baik di air fryer tapi harus dimasak di atas kompor terlebih dahulu. Air fryer dimaksudkan untuk memasak makanan kering, jadi tidak akan berguna jika makanan yang Anda inginkan memerlukan perendaman dalam air selama proses memasak. 

6. Roti

Secara teori, air fryer akan memanggang sepotong roti dengan cukup baik karena seluruh udara panasnya dapat tersebar merata. Akan tetapi, air fryer memiliki tekanan udara yang tinggi yang akhirnya membuat roti bergerak dan meniupkan remah-remah roti ke seluruh tray. Oleh karena itu, penting untuk diingat bahwa air fryer bukanlah oven pemanggang roti.

7. Popcorn

Air fryer mungkin tampak mirip dengan panci tertutup, tapi air fryer biasanya tidak cukup panas untuk meletuskan popcorn. Dikhawatirkan, popcorn yang Anda masak tidak akan dimasak secara sempurna jika menggunakan air fryer. 

Itu tadi penjelasan mengenai beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimasak dengan air fryer.