Erick Thohir
Nasional

Meski Subsidi Dipangkas, Nelayan Tetap Bisa Dapat Solar Murah Lewat Koperasi

  • Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN meluncurkan Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Menteri BUMN, Erick Thohir bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian BUMN meluncurkan Program Solar untuk Koperasi (Solusi) Nelayan.

Erick mengaku bahwa program ini adalah bentuk tindak cepat pemerintah di tengah solusi kebijakan pengurangan subsidi BBM.

"Kementerian BUMN dan juga Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Pertamina meluncurkan Program Solar untuk Koperasi Nelayan. Pertama-tama akan kita coba di tujuh titik sebagai pilot project," ucap Erick seperti dalam rilisan tertulis pada Senin, 5 September 2022.

Dengan program bertajuk Solar untuk Koperasi Nelayan ini diharapkan setiap nelayan mendapatkan harga BBM yang terjangkau.

Menurut Erick ada alasan tertentu bahwa Program Solar untuk Koperasi Nelayan akan diberikan BBM secara lebih terjangkau.

"Sebab koperasi nelayan memiliki data nelayan per nama dan alamat. Dengan kebijakan itu, maka solar bersubsidi bisa lebih tepat sasaran," pungkas Erick.

Erick menambahkan dari yang awalnya hanya tujuh lokasi sebagai pilot project dan jika sukses dalam tiga bulan, maka kedepannya program ini akan menjadi kebijakan nasional.

Ia juga menegaskan bahwa program ini sesuai dengan semangat dan amanah Presiden Jokowi agar pemerintah hadir memberi solusi di tengah kebutuhan masyarakat.