Nampak sejumlah anak-anak tengah bermain di arena Playtopia di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat. Wahana permainan menjadi alternatif seru pilihan saat liburan hari raya, Minggu 2 April 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Rumah & Keluarga

Meski Tidak Murah, Ini Dia 3 Cara Realistis Membiayai Pengasuhan Anak

  • Inilah beberapa cara realistis membiayai pengasuhan anak yang bisa Anda terapkan.
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Banyak orang yang menganggap bahwa membiayai pengasuhan anak adalah hal yang mahal. Tidak mengherankan jika banyak orang ada yang mempersiapkan dananya sejak dini atau menunda memiliki anak agar kondisi finansialnya lebih mapan terlebih dahulu.

Namun, ternyata tetap ada cara realistis membiayai pengasuhan anak dengan layak. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Realistis Membiayai Pengasuhan Anak

Cara Realistis Membiayai Pengasuhan Anak

1. Cari penitipan anak berkualitas

Tempat penitipan anak berkualitas adalah hal yang penting untuk dipikirkan. Namun biasanya, harga tempat penitipan seringkali dipatok tinggi pada di pusat kota. 

Alternatif lainnya adalah Anda mencari tempat penitipan anak yang lokasinya dekat dengan Anda atau mencari individu yang menetapkan tarifnya sendiri. 

2. Tanya atasan tentang kemungkinan bekerja secara remote atau hybrid

Jika Anda tidak bisa menemukan tempat pengasuhan anak yang layak serta lebih terjangkau, Anda bisa mencoba menanyakan ke atasan tempat Anda bekerja mengenai kesempatan untuk jadwal kerja secara hybrid atau remote. Hal ini karena beberapa perusahaan telah menerapkan kebijakan remote atau bekerja dari rumah terutama bagi ibu yang sedang hamil atau anaknya masih balita.

3. Tanya keluarga dan teman

Jika Anda tinggal di dekat anggota keluarga Anda yang bersedia membantu mengawasi anak-anak, Anda bisa mencoba meminta bantuan mereka. Orang tua atau mertua Anda mungkin tidak akan meminta bayaran untuk mengawasi anak Anda, tapi ada baiknya jika Anda membantu memenuhi kebutuhan mereka. Tentunya, biaya untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga tidak akan sebesar biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tempat penitipan anak.

Itu tadi beberapa cara realistis membiayai pengasuhan anak yang bisa Anda terapkan.