Twitter
Tekno

Meski Twitter Mulai Hapus Centang Biru Lama, Selebriti Tetap Tolak Bayar Twitter Blue

  • Mulai 1 April, Twitter akan mulai memberlakukan penghapusan tanda centang biru lama dari pengguna yang telah diverifikasi sebelumnya jika mereka tidak mendaftar untuk berlangganan Twitter Blue. Kebijakan ini adalah bagian dari rencana besar Elon Musk agar Twitter tetap menguntungkan.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mulai 1 April, Twitter akan mulai memberlakukan penghapusan tanda centang biru lama dari pengguna yang telah diverifikasi sebelumnya jika mereka tidak mendaftar untuk berlangganan Twitter Blue. Kebijakan ini adalah bagian dari rencana besar Elon Musk agar Twitter tetap menguntungkan.

Namun, skema khusus yang dibuat oleh Twitter ini justru menimbulkan masalah yang mencolok, karena siapapun yang bisa membayar US$8 atau Rp119 ribu per bulan artinya bisa mendapatkan tanda centang biru. Itu artinya simbol atau tanda centang biru tidak lagi akan sebagus seperti dulu dan disinformasi dapat menjadi lebih banyak. Akan tetapi, tampaknya Elon Musk sepertinya tidak terlalu khawatir mengenai hal tersebut.

Pada awalnya Twitter meluncurkan sistem verifikasinya pada tahun 2009 untuk melindungi selebritas dari akun yang meniru identitas. Contohnya, seseorang membuat akun dengan berpura-pura menjadi mantan manajer St. Louis Cardinals Tony La Russa, tetapi alih-alih hanya meminta akun tersebut dihapus, La Russa justru menggugat Twitter. Maka, perusahaan itu memperkenalkan lencana centang biru ikoniknya.

Sekarang, selebriti akan mulai kehilangan lencana verifikasi mereka dan mungkin akan berpikir bahwa mereka menyesali hilangnya centang biru ini yang sebelumnya benar-benar dibuat untuk melindungi mereka. Beberapa selebriti juga telah angkat bicara untuk mengatakan bahwa mereka tidak akan membayar untuk mendapatkan centang biru.

Hal ini dialami oleh atlet bola basket Amerika, LeBron James di mana ketika ada program centang biru berbayar melalui Twitter Blue, justru ada akun yang menyamar sebagai LeBron James dan diverifikasi dengan Twitter Blue. Meski begitu, LeBron James tetap tidak mau membayar centang biru tersebut.

Atlet bola basket Amerika, LeBron James menolak membayar Twitter Blue

Untuk beberapa selebriti atau public figure, centang biru ini bukan soal harga US$8 dolar, tapi tentang prinsipnya. Beberapa orang juga menyadari betapa tidak kerennya mereka jika mereka harus membayar untuk mendapatkan verifikasi.