Lionel Messi resmi ke Inter Miami.
Gaya Hidup

Messi dan Manuver Cantik Inter Miami

  • Pertemuan Messi dengan David Beckham di tempat latihan Paris Saint-Germain (PSG) 27 April lalu diyakini menjadi kunci sukses manuver Inter Miami untuk memuluskan kontrak tersebut.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—Jika Inter Miami adalah mobil balap, maka klub Major League Soccer (MLS) itu adalah mobil yang lihai menyalip di tikungan. Perumpamaan itu tampaknya cocok disematkan bagi Inter Miami yang baru saja mengamankan sosok bintang sepak bola dunia, Lionel Messi. 

Kepastian itu diumumkan Inter Miami via Instagram mereka, Kamis 8 Juni 2023. Pengumuman tersebut mengonfirmasi pernyataan Messi saat wawancara dengan Mundo Deportivo beberapa saat sebelumnya. “Saya membuat keputusan bahwa saya akan pergi ke Miami. Saya belum menyelesaikannya 100 persen. Ada beberapa hal yang terlewat, tapi kami memutuskan tetap melanjutkannya,” ujar Messi.

Ya, hampir tidak ada yang menyangka striker Timnas Argentina itu akhirnya memilih berlabuh di Negeri Paman Sam. Inter Miami memang masuk dalam tiga klub yang memperebutkan tanda tangan Messi bersama Barcelona dan Al Hilal. Namun klub yang bermarkas di DRV PNK Stadium itu tak terlihat melakukan pendekatan agresif dibanding dua klub lain. 

Sejumlah media Arab Saudi pada akhir pekan lalu bahkan meyakini Messi telah menekan kontrak dengan Al Hilal di Paris, meski tak menyebutkan nominal kontraknya. Pemilik tujuh Ballon d’Or itu digadang-gadang diperkenalkan di Arab Saudi pekan ini. Namun kabar tersebut langsung dibantah sejumlah sumber di Spanyol. 

Beberapa media Spanyol, termasuk jurnalis dan pakar transfer, Fabrizio Romano, meyakini Messi lebih memilih kembali ke Barcelona. Hal itu merujuk pertemuan ayah Messi, Jorge, dengan Presiden Barca, Joan Laporta, pada 5 Juni. 

Messi disebut tak mempermasalahkan gaji 23 juta euro (Rp365 miliar) per musim asal bisa kembali ke klub yang membesarkannya itu. Jumlah tersebut kalah jauh dengan tawaran Al Hilal yang mencapai Rp4,8 triliun per musim. 

Lalu apa sebenarnya yang membuat Messi yakin memilih Inter Miami sebagai pelabuhan karier barunya? Pertemuan Messi dengan David Beckham di tempat latihan Paris Saint-Germain (PSG) 27 April lalu diyakini menjadi kunci sukses manuver Inter Miami untuk memuluskan kontrak tersebut. Beckham yang mantan pemain PSG itu kini berstatus sebagai salah satu pemilik Inter Miami. 

Presiden Inter Miami, David Beckham.

Kehadiran Beckham ke Paris awalnya tak diperhitungkan sebagai pendekatan untuk memboyong Messi. Selain Beckham, sejumlah eks bintang PSG seperti Ronaldinho memang cukup sering berkunjung ke markas latihan Les Parisiens. 

Saat bertemu dengan Beckham, Messi sudah memiliki dua opsi kuat yakni Barcelona atau hijrah ke Arab Saudi. “Sepertinya pertemuan ini berlangsung dengan lancar,” tulis ESPN sambil mengunggah foto pertemuan Messi dan Beckham di tempat latihan PSG.

Nilai Kontrak Masih Rahasia

Barcelona kemudian turut mengonfirmasi bahwa mereka gagal mendapatkan kembali sang bintang. Saat Joan Laporta bertemu Jorge Messi pada 5 Juni, saat itu juga sebenarnya Jorge menyampaikan bahwa anaknya lebih memilih Inter Miami. 

“Jorge Messi, ayah dan perwakilan sang pemain, memberi tahu Presiden Klub Joan Laporta tentang keputusan sang pemain untuk bergabung dengan Inter Miami. Meski Barca telah mengajukan proposal dengan pertimbangan keinginan melihat Lionel Messi sekali lagi memakai jersey Blaugrana,” tulis pernyataan resmi Barcelona.

Hingga kini belum ada informasi resmi mengenai besaran kontrak Messi bersama klub berjuluk Si Bangau itu. Namun hampir bisa dipastikan bahwa nilai kontrak Messi di MLS lebih kecil ketimbang tawaran Al Hilal. “Jika ini semua soal uang, saya bisa saja pergi ke Arab Saudi atau tempat lain,” tukas Messi.