Bintang Argentina, Lionel Messi (tengah), Angel Di Maria (kanan) dan Nicolas Otamendi merayakan trofi Piala Dunia 2022 di Qatar.
Gaya Hidup

Messi Tak Berminat Main di Piala Dunia 2026

  • Peraih tujuh Ballon d’Or ini mengatakan Piala Dunia 2022 Qatar adalah piala dunia terakhir baginya.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Lionel Messi memastikan tidak akan bermain di Piala Dunia 2026 apabila Timnas Argentina lolos ke kejuaraan tersebut. Peraih tujuh Ballon d’Or ini mengatakan Piala Dunia 2022 Qatar adalah piala dunia terakhir baginya. 

Hal itu diungkapkan Messi dalam wawancara dengan media China, Titan Sports. Messi menyebut tak berminat bermain di Piala Dunia 2026 yang akan berlokasi di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.  “Saya pikir tidak (main di Piala Dunia 2026). (Piala Dunia 2022) adalah Piala Dunia terakhir saya,” ujar Messi dikutip dari Eurosport, Rabu 14 Juni 2023. 

Messi akan berusia 36 tahun pada 24 Juni 2023. Dengan demikian, striker yang baru saja bergabung dengan Inter Miami itu akan berusia 39 tahun saat Piala Dunia 2026 digelar. Usia tersebut terhitung uzur untuk berkontribusi maksimal di ajang selevel Piala Dunia. “Saya akan melihat bagaimana situasinya, tapi pada prinsipnya tidak (ke Piala Dunia 2026),” ujar Messi.

Keputusan Messi berlabuh ke Inter Miami tampaknya menegaskan bahwa Messi sudah tak terlalu berminat tampil di level tertinggi. Diketahui Major League Soccer (MLS) memiliki kualitas di bawah sepak bola Eropa. Kesuksesan merebut juara Piala Dunia 2022 juga membuat Messi tak lagi ambisius di ajang selanjutnya.  

Di sisi lain, Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, mengirim sinyal masih ingin mempertahankan Messi di skuat hingga beberapa tahun mendatang. Scaloni menyebut kepemimpinan Messi penting untuk mempertahankan gelar juara Piala Dunia. “Saya harap dia ke Piala Dunia berikutnya, saya bisa melihatnya di sana. Namun saya pikir hal pertama adalah lolos dulu,” ujar Scaloni.

Saat ini Messi dan Timnas Argentina tengah menjalani tur Asia dalam FIFA Matchday bulan ini. La Albiceleste dijadwalkan bermain melawan Australia di China pada Kamis 15 Juni 2023 serta Indonesia di Jakarta pada Senin 19 Juni 2023. Belakangan Messi dikabarkan tak ikut ke Jakarta karena hendak liburan sebelum bergabung dengan Inter Miami. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengirim sinyal bahwa sang bintang bisa jadi urung bertolak ke Jakarta. Erick menegaskan FIFA Matchday yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 19 Juni 2023, adalah laga melawan Argentina. 

Hanya Bisa Berdoa

Hal itu, imbuhnya, berbeda dengan laga Timnas melawan Messi All Star. “Saya sudah sampaikan sejak awal, ini pertandingan Timnas Indonesia melawan Argentina. Kalau sama Messi saja berarti lawan Messi All Star. Itu hal berbeda, ini FIFA Matchday,” tegas Erick, Selasa 13 Juni 2023. 

Pihaknya mengatakan Timnas fokus mencari poin tambahan di FIFA Matchday melawan Argentina, sama halnya saat melawan Palestina pada Rabu 14 Juni 2023. Disinggung antusiasme publik bola Indonesia yang ingin menyaksikan aksi Messi, Erick sekali lagi menegaskan bahwa laga besok merupakan duel antara Indonesia lawan Argentina. 

Meski demikian, Erick mengaku berharap striker 35 tahun itu tampil melawan Tim Garuda. “Tentu saya berdoa Messi terbang (ke Jakarta), saya berdoa Messi bermain. Tapi ini bukan pertandingan Indonesia melawan Messi All Star,” ujar lelaki yang juga Menteri BUMN itu.