<p>Perumahan Metland Transyogi yang dikembangkan Metropolitan Land Tbk. foto dok.Metland</p>
Korporasi

Metland Catat Kenaikan Marketing Sales Jadi Rp553 Miliar hingga Mei 2021

  • Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA), berhasil mencatatkan pra penjualan (marketing sales) sebesar Rp553 miliar hingga Mei 2021. Capaian ini lebih baik dari capaian Rp467 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Korporasi
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Emiten properti, PT Metropolitan Land Tbk (MTLA), berhasil mencatatkan pra penjualan (marketing sales) sebesar Rp553 miliar hingga Mei 2021. Capaian ini lebih baik dari capaian Rp467 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

“Penjualan paling besar dari proyek JO (joint operation) kami bersama Keppel Land, Wisteria. Juga dari proyek Metland Cibitung, Metland Puri, dan Metland Cyber karena ada klaster baru itu penyerapannya cukup baik,” ujar Direktur Keuangan MTLA Olivia Surodjo dalam konferensi pers, Senin, 14 Juni 2021.

Olivia menjelaskan MTLA secara umum berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp694 miliar hingga Mei 2021. Ini terdiri dari marketing sales sebesar Rp553 miliar dan pendapatan berulang (recurring income) sebesar Rp141 miliar.

Jumlah Rp694 miliar ini juga berarti Metland sudah mencapai 43,4% dari target pendapatan Rp1,6 triliun. Ada pun, target pendapatanRp1,6 triliun tersebut terdiri dari Rp1,1 triliun sampai Rp1,2 triliun dari presale dan Rp400 miliar-Rp500 miliar dari recurring income.

Olivia mengaku capaian penjualan Metland tahun ini sedikit terbantu dengan adanya insentif pajak pertambahan nilai (PPN) dari pemerintah. Meski begitu, efek ini belum terasa maksimal bagi MTLA.

“Belum maksimal karena harus serah terima di Agustus. Di Metland rumah ready stock kita tidak cukup banyak jadi belum maksimal efeknya,” ujarnya.

Alasan insentif yang belum maksimal ini pula yang membuat Metland enggan merevisi naik target marketing sales tahun ini. Revisi mungkin ada jika pemerintah memutuskan memperpanjang masa insentif PPN hingga akhir tahun.

Untuk semester II-2021, Metland akan meluncurkan klaster-klaster baru di proyek-proyeknya seperti Metland Puri, Cibitung, dan Cyber. Untuk kisaran harga, Puri dan Cibitung dijual di bawah Rp1 miliar dan Cyber dijual di kisaran Rp2 miliar. (LRD)