Ilustrasi Midtrans Invoicing.
Fintech

Midtrans Rilis Produk Payment Gateway Baru untuk Bantu Pencatatan Transaksi UKM

  • Layanan ini dirancang untuk memberikan keleluasaan kepada pemilik usaha dalam mengelola invoice secara otomatis, memungkinkan mereka untuk fokus pada pengembangan usaha mereka.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Midtrans, sebagai bagian dari GoTo Financial, memperkenalkan solusi baru payment gateway, yaitu Midtrans Invoicing yang diinisiasi untuk membantu pencatatan transaksi bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). 

Layanan ini dirancang untuk memberikan keleluasaan kepada pemilik usaha dalam mengelola invoice secara otomatis, memungkinkan mereka untuk fokus pada pengembangan usaha mereka.

Menurut Haryanto Tanjo, Group Head of Merchant Services GoTo Financial, banyak pemilik usaha masih mengandalkan kuitansi atau faktur manual sebagai bukti pembayaran, yang selain tidak praktis, juga tidak praktis secara administratif dan dapat menyulitkan pelacakkan pembayaran. 

Oleh karena itu, Midtrans Invoicing hadir dengan layanan invoice elektronik yang dilengkapi dengan pengingat otomatis dan link pembayaran untuk mempercepat proses penagihan kepada pelanggan.

“Lewat Midtrans Invoicing, pemilik usaha dapat memanfaatkan layanan invoice elektronik yang dilengkapi dengan pengingat otomatis dan link pembayaran. Fitur ini membantu mempercepat proses penagihan invoice ke pelanggan sehingga harapannya arus kas perusahaan lebih lancar dan operasional perusahaan menjadi lebih efisien,” ujar Haryanto melalui keterangan yang diterima TrenAsia, Rabu, 28 Februari 2024.

Valensio, pemilik Campsite Indonesia, merupakan salah satu pelanggan awal Midtrans Invoicing yang mengakui kemudahan yang ditawarkan oleh layanan ini. 

Menurut Valensio, fitur invoice dari Midtrans telah mentransformasi proses pembayaran pelanggan, membuat pengiriman tagihan menjadi lebih mudah.

Sebelum menggunakan Midtrans Invoicing, Campsite Indonesia harus menggunakan tiga perangkat lunak berbeda untuk membuat satu invoice. 

Tim mereka harus memasukkan semua detail penagihan ke dalam aplikasi spreadsheet, membuat payment link untuk setiap invoice, dan mengirimkannya lewat pos kepada klien. 

Setelah itu, mereka menggunakan spreadsheet lagi untuk mendata setiap pembayaran dan mengingatkan klien secara manual melalui aplikasi chat untuk menagih pembayaran. 

“Kami sering kali terlewat untuk mengingatkan jika ada keterlambatan pembayaran sehingga berdampak kepada pemasukan perusahaan,” kataValensio.

Keunggulan Midtrans Invoicing

  1. Pembuatan Invoice Secara Otomatis: Midtrans Invoicing menggantikan cara lama pembuatan invoice manual dengan sistem tagihan elektronik yang dibuat secara otomatis. Invoice ini memiliki tampilan yang lebih profesional dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha, termasuk pengaturan logo, daftar pembelian, dan perhitungan diskon.
  2. Penerimaan Pembayaran Lebih Cepat dan Tepat: Layanan ini dilengkapi dengan pengaturan pengingat pembayaran otomatis untuk klien, memastikan pembayaran diterima lebih cepat dan tepat.
  3. Pilihan Pembayaran: Pelanggan dapat memilih beragam pilihan pembayaran, mulai dari transfer bank, virtual account, hingga payment link untuk memfasilitasi pembayaran kartu debit/kredit atau QRIS.
  4. Buat Banyak Invoice Secara Bersamaan dengan Sistem API: Midtrans menyediakan Application Programming Interface (API) bagi tim developer dan pemilik bisnis untuk mengintegrasikan proses invoicing dengan sistem akuntansi yang digunakan perusahaan. Hal ini memungkinkan percepatan proses pembuatan invoice untuk melayani pelanggan dalam jumlah banyak melalui unggahan file CSV.
  5. Sentralisasi Pemasukan dan Pengeluaran di Satu Dashboard: Setelah pemilik usaha menerima dana lewat transaksi online, mereka dapat langsung menggunakan dana tersebut untuk pembayaran kebutuhan operasional usaha tanpa harus melakukan penarikan terlebih dahulu.

Dengan laporan terintegrasi di dalam satu dashboard, pemilik usaha dapat melakukan rekonsiliasi laporan dan pemantauan keseluruhan transaksi yang selalu terbarui.

Midtrans juga telah bekerja sama dengan PT Multifinance Anak Bangsa untuk menyediakan layanan Invoice Financing. Layanan ini memungkinkan pelaku usaha mencairkan dana dari invoice lebih cepat dari termin pembayaran pelanggan dengan biaya bersaing. Dana talangan dapat cair dengan segera, bahkan hanya dalam satu hari setelah tanggal pengajuan.

Midtrans Invoicing dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha di berbagai sektor, seperti UKM, penyedia jasa, distributor produk, dan lain sebagainya. 

Contohnya, penyedia jasa event organizer dapat menggunakan Midtrans Invoicing untuk pembayaran uang muka dan pembayaran penuh oleh klien. 

Begitu pula dengan agen perjalanan yang dapat merilis invoice ke beragam klien sekaligus sesuai dengan paket perjalanan yang dibeli.

Dengan semua kemudahan dan keunggulan yang ditawarkan, Midtrans Invoicing menjadi solusi yang praktis dan efisien untuk mempermudah proses pengelolaan invoice bagi pelaku usaha di berbagai sektor.