MENDAG zulhas.jpeg
Nasional

Mie Sedaap Ditarik dari Beberapa Negara, Mendag Buka Suara

  • Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas turut menanggapi terkait produk Mie Sedaap yang ditarik Taiwan, Hong Kong, dan Singapura.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan alias Zulhas turut menanggapi terkait produk Mie Sedaap yang ditarik Taiwan, Hong Kong, dan Singapura.

Mendag mengatakan, akan berkoordinasi dengan perusahaan untuk menanyakan permasalahan duduk perkara penarikan produk mi tersebut dan juga BPOM.

"Tentu kita akan bela produk kita. Apa masalahnya kita akan koordinasi dengan pelaku usahanya, kalau ada masalah kita akan sempurnakan," jelasnya saat ditemui di Kementerian Perdagangan, Rabu, 12 Oktober 2022.

Terkait peredaran produk Mie Sedaap dalam negeri, Ketua PAN akan menugaskan Kementerian Perdagangan untuk memeriksa. Kemendag akan terus melihat sejauh mana masalah ini, namun belum pasti tindakan mendag akan dilakukan dalam waktu dekat atau tidak.

Sebagai informasi, belakangan ini sejumlah varian produk Mie Sedaap ditarik oleh berbagai negara, salah satunya negeri Singapura. Namun tak hanya itu hebohnya penarikan mi ini berawal dari Taiwan yang menolak masuknya Mie Sedaap Cup karena disebut mengandung kelebihan residu pestisida.

Kemudian disusul juga Hong Kong yang ikut menarik Mie Sedaap goreng rasa Korean Spicy Chicken karena ditemukan pestisida, etilen oksida pada produk mi instan tersebut.