Mikrofon Rahasia US Navy Tersangkut Jaring Nelayan Kroasia

  • ZAGREB- Sebuah kapal nelayan Kroasia mendapat tangkapan yang tidak biasa di Laut Adriatik pada 6 Januari 2020. Sebuah alat aneh tersangkut jaring mereka dan diangkat dari kedalaman laut. Alat tersebut ternyata milik Angkatan Laut Amerika. Angkatan Laut Amerika segera mengontak pemilik kapal pukat itu meminta perangkat dikembalikan. Angkatan Laut membayar kerusakan pada jaring kapal dan […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

ZAGREB- Sebuah kapal nelayan Kroasia mendapat tangkapan yang tidak biasa di Laut Adriatik pada 6 Januari 2020. Sebuah alat aneh tersangkut jaring mereka dan diangkat dari kedalaman laut. Alat tersebut ternyata milik Angkatan Laut Amerika.

Angkatan Laut Amerika segera mengontak pemilik kapal pukat itu meminta perangkat dikembalikan. Angkatan Laut membayar kerusakan pada jaring kapal dan perangkat itu diserahkan kepada kapal survei oseanografi Angkatan Laut Amerika, USNS Bruce C. Heezen.

Perangkat yang tidak dikenal itu menimbulkan spekulasi di media lokal dan di media sosial. Analis Open Source intelligence (OSINT)  mulai mencari petunjuk yang akhirnya menunjukkan perangkat tersebut hampir sama yang ditemukan oleh kapal oseanografi kelas Pathfinder dan nama itu diberi label:EARS.

EARS adalah singkatan dari Environmental Acoustic Recording System. Seperti halnya banyak hal dalam peperangan bawah laut, misi yang tampaknya biasa ini dapat memiliki implikasi perang yang mendalam.

EARS adalah hydrophones yang dapat merekam suara laut untuk jangka waktu yang lama. Kita bisa berhipotesis bahwa angkatan laut yang tahu seperti apa suara ambient di sudut lautan tertentu, sepanjang tahun, tahu kapan itu terdengar berbeda. Suara adalah landasan untuk deteksi, dan sembunyi-sembunyi, dalam perang kapal selam.

Sistem pertama dikerahkan pada awal 2000-an dan mampu merekam suara lautan hingga 1 tahun. Perangkat dapat ditempatkan di bagian laut yang relatif dalam, hingga kedalaman setidaknya 3.000 kaki. Kemudian modifikasi membuat sistem lebih fleksibel.

Bagian seperti kotak oranye bukanlah sensor EARS itu sendiri. Ini adalah pelampung, tampaknya disebut sebagai Qube with Release,  untuk memulihkan sistem.

Cara kerjanya adalah pelampung itu jauh di bawah permukaan, tertahan oleh bobot jangkar (yang tersangkut kapal penangkap ikan Kroasia). Ketika kapal Angkatan Laut AS siap untuk memulihkannya, ia mengirim pesan kode ke perangkat ‘release’ di qube untuk menjatuhkan jangkar, memungkinkan pelampung naik, bersama dengan sensor yang dibawanya.

Ada juga suar yang canggih sehingga kapal angkatan laut dapat menemukan sistem. Ini dapat diatur ke mode diam, mendengarkan sinyal Angkatan Laut Amerika sebelum menyiarkan lokasi mereka. Ini bisa membuat mereka sulit dideteksi oleh angkatan laut lain.

Meskipun memiliki pengetahuan yang lebih jelas tentang objek yang tidak dikenal itu, masih ada ruang untuk spekulasi. Apakah pelampung membawa EARS, atau sensor lain? Mengapa Angkatan Laut AS sangat tertarik untuk merekam suara dalam jumlah besar di lautan? Di Laut Adriatik? Mungkin waktu akan memberi tahu.