Miliki Keindahan Alam dan Budaya, Desa Wonorejo Jatim Sukses Jadi Desa Wisata Terpilih
Nasional & Dunia

Miliki Keindahan Alam dan Budaya, Desa Wonorejo Jatim Sukses Jadi Desa Wisata Terpilih

  • Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo yang berlokasi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim) sukses menembus 75 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dengan adanya keindahan alam dan keberagaman budaya.
Nasional & Dunia
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo yang berlokasi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur (Jatim) sukses menembus 75 desa wisata terpilih dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dengan adanya keindahan alam dan keberagaman budaya. Hal ini dapat dilihat dari kesenian rakyat yang dipertunjukkan dalam kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno baru-baru ini.

Menparekraf Sandiaga Uno juga turut mengungkapkan kekagumannya terhadap keberhasilan yang diraih oleh Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo. Menurutnya, di desa tersebut memiliki toleransi yang luar biasa serta keberagamannya dirayakan dengan penuh rasa nasionalisme dan kebangsaan. 

Pada kesempatan tersebut, Sandiaga Uno disambut dengan tarian yang dikenal dengan nama Tari Jagat Kahuripan yang merupakan gabungan kesenian dari suku-suku yang ada di kawasan Situbondo seperti Jawa, Osing, dan Bali. Tarian Jagat Kahuripan adalah salah satu atraksi wisata di Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo yang terletak di ujung timur Situbondo. Desa tersebut memiliki luas wilayah 414.019 hektare yang terbagi menjadi empat dusun, yaitu Dusun Randuagung, Dusun Kendal, Dusun Jelun, dan Dusun Pandean.

Dikenal sebagai Desa Wisata Kebangsaan karena masyarakatnya dan menjadi jati diri yang diterapkan dalam kehidupan sosial bermasyarakat. Faktor penting yang menjadi dasar terjaganya toleransi antar umat beragama antara lain faktor sejarah desa, serta kearifan lokal.

Selain itu Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo merupakan desa penyangga dari Taman Nasional Baluran yang berfungsi sebagai kawasan perlindungan sumber daya alam hayati beserta ekosistem aslinya sebagai daya dukung potensi wisata berkelas Internasional.

Taman Nasional Baluran

Tidak hanya kaya akan keberagaman, desa yang memiliki jarak tempuh sekitar 1,5 jam dari jalur darat menuju ke Banyuwangi ini juga memiliki pemandangan alam yang indah karena desa tersebut merupakan salah satu dari desa penyangga Taman Nasional Baluran.

Pada kunjungannya tersebut, Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa desa wisata tersebut tidak hanya dapat membangkitkan pariwisata, tapi juga turut membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Selain itu pada kunjungan yang dilaksanakan pada 11 Agustus 2023 lalu, Menparekraf Sandiaga Uno juga menyerahkan bantuan berupa laptop dan printer kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo.