Dunia

Militer Korsel: Korut Menembakkan Rudal Balistik di Lepas Pantai Timurnya

  • Korea Utara menembakkan setidaknya satu rudal balistik di lepas pantai timurnya pada Selasa, 19 Oktober 2021.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

SEOUL - Korea Utara menembakkan setidaknya satu rudal balistik di lepas pantai timurnya pada Selasa, 19 Oktober 2021, kata para pejabat Korea Selatan dan Jepang. Ketika Seoul membuka pameran senjata besar, para kepala mata-mata bertemu untuk membahas kebuntuan nuklir, dan kesiapan Korea Selatan untuk peluncuran ruang angkasa.

Peluncuran oleh Korea Utara adalah uji coba senjata terbaru, yang telah maju terus dengan pengembangan militer dalam menghadapi sanksi internasional yang dikenakan atas program senjata nuklir dan misilnya.

Satu rudal balistik diluncurkan sekitar pukul 10.17 waktu setempat dari sekitar Sinpo, di mana Korea Utara menyimpan kapal selam serta peralatan untuk uji tembak rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBMs), menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan. Korea Utara juga telah meluncurkan beberapa rudal jenis lain dari daerah itu.

"Militer kami memantau situasi dengan seksama dan bersiap dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat, untuk mempersiapkan kemungkinan peluncuran tambahan," kata Kepala Staf Gabungan itu.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan dua rudal balistik telah terdeteksi, dan sangat disesalkan bahwa Korea Utara telah melakukan serangkaian uji coba rudal dalam beberapa pekan terakhir.

Peluncuran itu dilakukan saat para kepala intelijen Amerika Serikat, Korea Utara, dan Jepang akan bertemu di Seoul untuk membahas kebuntuan dengan Korea Utara, di tengah masalah lainnya, lapor kantor berita Yonhap yang mengutip sumber pemerintah.

Perwakilan dari ratusan perusahaan dan militer internasional berkumpul di Seoul untuk upacara pembukaan International Aerospace and Defence Exhibition/ Pameran Dirgantara dan Pertahanan Internasional (ADEX).

Rencananya acara ini akan menjadi pameran pertahanan terbesar di Korea Selatan yang pernah ada, dengan menampilkan pesawat tempur generasi berikutnya, helikopter serbu, drone, dan senjata canggih lainnya, serta roket ruang angkasa dan desain kedirgantaraan sipil.

Korea Selatan sedang bersiap untuk menguji coba kendaraan peluncuran ruang angkasa pertamanya pada hari Kamis.