<p>Tesla Model S Performance</p>
Dunia

Minat Beli Tinggi, Tesla Bakal Beri Potongan Harga Lagi

  • Tesla kembali memotong harga pada dua kendaraan listrik mewahnya.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

AUSTIN - Tesla kembali memotong harga pada dua kendaraan listrik mewahnya. Sebelumnya, Tesla sudah melakukan  pemotongan harga pada awal tahun baru.

Pemotongan harga kali ini merupakan penyesuaian kelima Tesla sejak awal tahun. Adapun sebelumnya, pemotongan harga berkisar antara 4% pada  Model S dan 9% pada Model X yang lebih mahal.

Sebelum melakukan penyesuaian harga, Elon Musk mengatakan berulang kali dalam beberapa bulan terakhir bahwa Tesla akan fokus untuk menurunkan harga untuk mendorong permintaan.

Hal ini dilakukan setelah melihat keberhasilan dalam memicu pesanan dengan diskon global yang pada Januari lalu.

"Keinginan orang untuk memiliki Tesla sangat tinggi. Faktor pembatasnya adalah kemampuan mereka untuk membayar Tesla," kata Musk pekan lalu di hari investor Tesla sebagaimana dikutip TrenAsia.com dari Reuters pada Senin, 6 Maret 2023.

Perlu diketahui, Tesla memangkas harga mobilnya di semua pasarnya pada Januari. Kala itu, produsen kendaraan listrik ini menawarkan diskon hingga 20%.

Hal inilah yang dinilai para analis sebagai awal perang harga oleh pemimpin pasar kendaraan listrik.

Mengutip situs webnya, Tesla  telah memotong harga pada kedua versi Model S-nya sebesar US$5.000 atau kisaran Rp78 juta (asumsi kurs Rp15.200 per dolar AS). Versi dasar Model S dipotong 5% menjadi US$89.990 atau kisaran Rp1,3 miliar. Sedangkan harga kinerja, varian Plaid dipotong 4% menjadi US$109.990.

Harga performa dan varian dasar mobil Model X dipotong sebesar US$10.000, menurut situs pembuat kendaraan listrik. Harga model dasar versi AWD dari Model X dipotong sebesar 9% menjadi $99.990. Sementara versi Plaid kinerjanya dipotong sebesar 8% menjadi US$109.990 atau Rp1,6 miliar.

Sebagai informasi, Tesla memiliki versi baru dari Model 3 dengan nama kode "Highland" yang dijadwalkan akan diproduksi akhir tahun ini. Tesla juga akan merilis untuk Model Y yang diberi kode "Juniper" di  tahun depan.