Signing of definitive transaction agreements for the acquisition of PTVI Shares. Vale INCO pada Senin, 26 Februari 2024.
Energi

MIND ID Dapat Jatah 5 Kursi Manajemen Vale Indonesia

  • Holding pertambangan BUMN, MIND.ID resmi mencaplok 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dengan harga Rp3.050 per lembar saham.
Energi
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Holding pertambangan BUMN, MIND.ID resmi mencaplok 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dengan harga Rp3.050 per lembar saham. 

Sebagai pemegang saham mayoritas, ada lima perwakilan MIND.ID akan masuk ke jajaran petinggi Vale. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, jatah 5 posisi itu terdiri dari 3 komisaris, termasuk Komisaris Utama. Kemudian, Direktur Utama, dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Resources (HR).

"Kami telah sepakat bahwa Vale Canada Limited (VCL) akan menunjuk Direktur operasional dan juga Direktur yang bertanggung jawab atas pengelolaan ESG," kata Tiko ditemui di Hotel Pullman Jakarta pada Selasa, 27 Februari 2024.

Baca Juga : Gelontorkan Dana Rp4,68 Triliun, MIND ID Akuisisi Saham INCO

Namun untuk posisi pejabat yang mengatur Environmental, Social, and Governance (ESG) akan tetap ditentukan oleh PT Vale Indonesia.

Sementara, setelah kesepakatan divestasi diselesaikan, Menteri BUMN Erick Thohir berencana tetap menunjuk Febriany Eddy sebagai Direktur Utama PT Vale Indonesia selaku perwakilan dari MIND ID.

"Kami dan VCL, sebagai pemegang saham terbesar pertama dan kedua, telah bersepakat untuk melanjutkan komitmen hilirisasi sebagai bentuk dukungan Perusahaan terhadap Program Strategis Pemerintah. Saudara Febriany Eddy tetap akan menjadi Direktur Utama mewakili MIND ID," jelas Erick di kesempatan yang sama.

Baca Juga : Sah! Harga Divestasi Vale Indonesia Rp3.050 per Lembar Saham

Susunan Direksi Vale hingga 27 Februari 2024 :

Direksi 
Presiden Direktur : Febriany Eddy
Wakil Presiden Direktur : Adriansyah Chaniago
Direktur : Bernardus Irmanto
Direktur : Vinicius Mendes Ferreira
Direktur : Abu Ashar

Divestasi

Sebagaimana diketahui, kemarin Vale dan MIND.ID merampungkan proses divestasi saham. Keputusan ini dicapai usai PT Vale Indonesia, melakukan penandatanganan perjanjian kesepakatan kepada BUMN holding pertambangan atau MIND.ID pada Senin, 26 Februari 2024.

Kesepakatan dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi atau Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invetasi Luhut Binsar Panjaitan dan Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wiroadmojo, jajaran Vale Canada Limited (VCL), dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM).

"Harganya Rp3.050 per lembar saham,"kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Invetasi Luhut B Panjaitan di hotel Pullman Jakarta pada Senin, 26 Februari 2024.

Ke depannya MIND.ID akan menggenggam 34% saham Vale Indonesia selaku holding BUMN pertambangan. Maka divestasi pro rata oleh VCL dan SMM atas 14% (total) saham PT Vale kepada MIND ID mewakili 1.391.087.420 lembar saham.

Adapun sebelumnya komposisi pemegang saham PT Vale Indonesia di bursa berdasarkan laporan bulan registrasi pemegang efek Juni 2023, yakni Vale Canada Limited 43,79%, MIND ID 20%, Sumitomo Metal Mining Co. Ltd 15,03%, dan masyarakat atau publik 21,18%.

Lalu sekitar 20 % dipegang publik dengan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sementara MIND ID sendiri sudah memiliki 20% saham Vale Indonesia.