<p>Mirae Asset Sekuritas Indonesia / Dok. Istimewa</p>
Industri

Mirae Asset Sekuritas Luncurkan CSR Odd Lot untuk Ajak Nasabah Bantu Masyarakat Membutuhkan

  • Untuk diketahui, odd lot sendiri adalah istilah untuk perdagangan dengan volume transaksi kurang dari 1 lot atau tidak menggenapi jumlah yang setara dengan 500 lembar saham.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia meluncurkan program bernama CSR Odd Lot untuk mengajak nasabahnya membantu masyarakat yang membutuhkan.

Untuk diketahui, odd lot sendiri adalah istilah untuk perdagangan dengan volume transaksi kurang dari 1 lot atau tidak menggenapi jumlah yang setara dengan 500 lembar saham.

Melalui program CSR Odd Lot by Mirae Asset ini, nasabah dapat menyumbangkan efek odd lot-nya kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Chief Executive Officer (CEO) Mirae Asset Sekuritas Tae Yong Shim mengatakan, program ini merupakan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR) yang mana para nasabah bisa ikut berpartisipasi melalui donasi dalam bentuk saham dan efek lain yang tidak bisa dijual di pasar reguler.

"Ide CSR Odd Lot by Mirae Asset adalah untuk mendonasikan saham dan efek lain yang tidak bisa dijual di pasar reguler agar dapat kami kumpulkan dan kelola sehingga nanti dapat dijual dan dananya dapat disalurkan melalui kegiatan-kegiatan CSR Mirae Asset Sekuritas," ujar Shim melalui keterangan yang diterima TrenAsia, Senin, 14 November 2022.

Efek lain yang dimaksud oleh Shim dalam program CSR Odd Lot by Mirae Asset ini di antaranya adalah waran dan rights.

Di program ini, efek odd lot dari para nasabah akan dikumpulkan dan dijual oleh Mirae Asset Sekuritas setelah jumlahnya menggenapi 100 unit di pasar reguler sesuai dengan mandat yang telah diberikan oleh nasabah ketika menyetujui keterlibatan mereka dalam program ini.

Apabila jumlahnya tidak menggenapi 100 unit, maka pihak Mirae Asset Sekuritas akan memasarkannya di pasar negosiasi.

Mirae Asset Sekuritas pun menyatakan bahwa nama nasabah donatur dan jumlah hasil donasi akan dilaporkan secara transparan kepada publik secara berkala di media internal CSR perusahaan.

"Dana yang berhasil dihimpun melalui program CSR Odd Lot by Mirae Asset akan disalurkan untuk kegiatan CSR Mirae Asset Sekuritas dengan sasaran masyarakat yang membutuhkan melalui kegiatan seni budaya, sosial, keagamaan, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kegiatan lain," pungkas Shim.

Untuk diketahui, sejak awal tahun hingga akhir September 2022, nilai transaksi saham Mirae Asset Sekuritas tercatat di angka Rp480 triliun dan merupakan nilai yang terbesar di antara anggota Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada 2021, nilai transaksi Mirae Asset Sekuritas pun mencatat kenaikan 70% secara tahunan dari Rp410 triliun pada tahun sebelumnya menjadi Rp697 triliun.

Dengan perkembangan tersebut, Mirae Asset tercatut sebagai perusahaan sekuritas anggota BEI dengan nilai transaksi saham terbesar di pasar modal dalam kurun waktu dua tahun terakhir.