<p>Pesawat pemburu badai WP-3D </p>

Miss Piggy dan Kermit, Pesawat Pemburu Badai Amerika

  • Badai Dorian, badai Atlantik terkuat kedua yang pernah tercatat, menghantam kepulauan Great Abaco dan Grand Bahama di Bahama pada Minggu (01/09/2019) malam waktu stempat dan diperkirakan akan bergerak mendekati Florida dalam dua hari ke depan. Bahaya untuk Kepulauan Abaco termasuk badai melonjak 5,5 hingga 7 meter di atas tingkat pasang normal dengan gelombang destruktif yang […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Badai Dorian, badai Atlantik terkuat kedua yang pernah tercatat, menghantam kepulauan Great Abaco dan Grand Bahama di Bahama pada Minggu (01/09/2019) malam waktu stempat dan diperkirakan akan bergerak mendekati Florida dalam dua hari ke depan.

Bahaya untuk Kepulauan Abaco termasuk badai melonjak 5,5 hingga 7 meter di atas tingkat pasang normal dengan gelombang destruktif yang lebih tinggi.

“Inti Badai Dorian yang sangat berbahaya akan terus menggempur pulau Great Abaco dan Grand Bahama malam ini dan Senin,” kata National Hurricane Center (NHC) Amerika sebagaimana dikutip Reuters. “Badai akan bergerak  ke pantai timur Florida Senin malam sampai Selasa malam.”

Dorian diperkirakan akan tetap menjadi badai selama lima hari ke depan. Dorian mendarat di Elbow Cay di Kepulauan Abaco dengan kecepatan angin maksimum 185 mil per jam dan hembusan lebih dari 220 mil per jam. Dorian adalah topan terkuat yang pernah melanda Bahama barat laut sebagai badai Kategori 5 yang mengancam jiwa.

NHC juga memosting foto ‘Stadium Effect’ atau ‘Efek Stadion’ Badai Dorian yang cukup menakjubkan. ” Stadium Effect ” adalah fenomena alam di mana awan di mata  badai yang sangat kuat, seperti tribun stadion runtuh. Dalam foto itu, apa yang disebut efek stadion mudah dilihat, sebuah fenomena di mana awan melengkung seperti deretan stadion dengan bobotnya sendiri.

Foto-foto ini diambil oleh para ilmuwan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dari atas pesawat ‘pemburu badai’ yang biasa terbang langsung ke jantung badai yang kuat seperti Badai Dorian. Pesawat apa yang dengan berani mendekat ke badai yang sedang mengamuk seperti ini? Dia adalah WP-3D Orion.

Jika pesawat lain memilih menghindari badai, sebaliknya dengan WP-3D Orion. Jika perlu dia masuk ke dalamnya meski dengan risiko terguncang hebat.

NOAA menggunakan penerbangan ini untuk melakukan pembacaan radar vital dan sensor drop untuk membantu peramal cuaca mendapatkan data nyata yang mereka butuhkan untuk melacak jalur dan intensitas badai.

Pesawat ini dikenal sebagai Lockheed WP-3D Orion yang dimodifikasi dari P-3 Orion. Hanya ada dua pesawat di seluruh dunia,  masing-masing menggabungkan banyak fitur untuk peran pengumpulan informasi cuaca.

Selama musim badai , WP-3D dikerahkan untuk bertugas sebagai pemburu badai . Pesawat ini juga mendukung penelitian mengenai hal lain, seperti liputan es Arktik, studi kimia udara, dan suhu air laut dan analisis terkini.

WP-3D dilengkapi dengan tiga radar cuaca , radar band C di hidung dan di badan pesawat bawah, dan radar X-band di ekor pesawat.

Pesawat juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyebarkan perangkat uji coba ke sistem badai, dan memiliki sensor suhu onboard, dan peralatan meteorologi lainnya. Kabinnya diperkuat secara khusus untuk menahan beban peralatan tambahan.

NOAA saat ini mengoperasikan dua WP-3D yang dijuluki Miss Piggy dan Kermit , dan logo mereka yang menampilkan karakter buatan Jim Henson Productions itu. Pesawat pemburu badai milik NOAA lainnya adalah Gulfstream IV-SP yang diberi nama Gonzo.

Ini bukan pesawat murah. Selama dua tahun terakhir untuk melengkapi kemampuannya, dilakukan perbaikan besar-besaran yang menghabiskan dana sampai US$35 juta. Perbaikan ini mencakup sayap baru, mesin dan radar. NOAA menyebut, perbaikan ini akan memungkinkan pesawat terbang selama 15-20 tahun lagi.