Industri

Mission Impossible WHO: Mencari Pasien Covid-19 Pertama

  • World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia tengah melakukan investigasi terkait asal-usul COVID-19. Tujuannya, untuk mempelajari cara mengantisipasi penyakit serupa di masa depan.

Industri
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia tengah melakukan investigasi terkait asal-usul COVID-19. Tujuannya, untuk mempelajari cara mengantisipasi penyakit serupa di masa depan.

Namun demikian, mencari pasien pertama COVID-19 sama dengan mencari jarum di tumpukkan jerami. Sulit, bahkan nyaris mustahil.

“Dunia mungkin tidak akan pernah menemukan patient zero dalam pencariannya,” kata Pimpinan Teknis WHO, Maria Van Kerkhove, Jumat, 15 Januari 2021.

Walau begitu, WHO tetap akan berupaya mencari tahu dari mana asal-usul COVID-19. Rencananya, WHO bakal mengadakan pertemuan virtual dengan China untuk membicarakan hal tersebut.

Ini sebagai upaya menapis spekulasi terkait muasal COVID-19. Ada yang bilang dari luar China. Ada pula yang menyebut COVID-19 datang dari pedagang di pasar basah Wuhan.

Semua itu masih sekadar spekulasi. Pasalnya, dalam sebuah jurnal kedokteran The Lancet pada 1 Desember 2019, tertulis bahwa patient zero tidak punya kontak sama sekali dengan pasar Huanan.

“Itu sebabnya, susah mencari tahu hewan atau inang apa yang menyebabkan virus lompat ke manusia,” tutur ahli pernapasan Peking Univerity First Hospital Wang Guafa.

Di sisi lain, kabar terbaru dari Italia menyebut bahwa patient zero COVID-19 di negaranya terdekteksi ada sejak November 2019. Sebuah studi menemukan wantia di RS Milan menunjukkan gejala seperti COVID-19.

“Dia salah diagnosis dengan kelainan autoimun, tapi sekarang bisa menjadi pasien pertama COVID-19 di Italia,” pungkas dermatopatologi Universitas Milan, Raffaele Gianotti.