<p>Awak Media mengambil gambar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jum&#8217;at, 17 Juli 2020. Indeks harga saham gabungan (IHSG) mencatat koreksi 0,21 persen di akhir sesi pertama perdagangan Jumat 17 Juli 2020. Kekhawatiran terkait gelombang kedua penyebaran virus corona (Covid-19) dan aksi ambil untuk atau profit taking dinilai menjadi penyebab koreksi indeks. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Korporasi

Mitrabahtera (MBSS) Pinjamkan 4 Tugboat ke Perusahaan Afiliasi, Segini Nilai Kontraknya

  • Emiten penyedia jasa pengiriman kargo, PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) melakukan penandatanganan kontrak dengan PT Kemala Shipping yang merupakan pihak afiliasi perseroan.
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA - Emiten penyedia jasa pengiriman kargo, PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) melakukan penandatanganan kontrak dengan PT Kemala Shipping yang merupakan pihak afiliasi perseroan.

Sekretaris Perusahaan Mitrabahtera Segara Sejati, Emy Oktavia mengungkapkan bahwa keduanya telah menandatangani Perjanjian Sewa Menyewa Kapal pada tangga 11 Maret 2022.

Perjanjian ini mengatur mengenai kerja sama penyewaan empat kapal tunda (tugboat) milik perseroan dengan jangka waktu perjanjian selama enam bulan, terhitung sejak tanggal on-hire certificate masing-masing kapal.

“Jangka waktu perjanjian dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan para pihak,” ujarnya melalui keterbukaan informasi, Selasa, 15 Maret 2022.

Emy tidak menjelaskan secara detil terkait nilai transaksi tersebut. Namun, perseroan berpotensi menerima total pendapatan selama jangka waktu perjanjian lebih dari Rp5 miliar. Angka ini diluar Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Menurutnya, perjanjian ini akan memberikan dampak positif pada keberlangsungan usaha perseroan sekaligus meningkatkan pendapatan usaha perseroan. Ia mengklaim, transaksi ini telah sesuai dengan praktik bisnis yang berlaku secara umum.

“Perseroan dan PT Kemala Shipping adalah perusahaan terafiliasi yang memiliki penerima kepemilikan manfaat yang sama,” pungkasnya.

Melansir data perdagangan RTI, saham MBSS terkoreksi cukup dalam, mencapai 5,41% menuju level harga Rp1.050 per saham pada penutupan perdagangan Selasa, 15 Maret 2022. Saham MBSS bergerak melemah sejak awal sesi dan sempat menyentuh level terendah dalam sehari pada kisaran harga Rp1.035 per lembar saham.