Korporasi

MNC Bank (BABP) Beli Tanah dan Gedung Perkantoran Senilai Rp801 Miliar untuk Tingkatkan Kinerja Keuangan

  • PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) membeli tanah dan gedung perkantoran senilai Rp801 miliar dalam rangka meningkatkan kinerja keuangan dan operasional grup perseroan di segmen perbankan.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) membeli tanah dan gedung perkantoran senilai Rp801 miliar dalam rangka meningkatkan kinerja keuangan dan operasional grup perseroan di segmen perbankan.

Emiten yang dinaungi oleh PT MNC Asia Holding Tbk (BHIT) ini melakukan transaksi dengan afiliasi dari perseroan, yaitu PT MNC Land Tbk (KPIG) dan PT Global Mediacom Tbk (BMTR) yang masing-masing berperan sebagai penjual.

Transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 42/POJK 04/2020 tentang transaksi afiliasi dan transaksi benturan kepentingan (POJK 42/2020).

Selain itu, pembelian aset ini pun merupakan transaksi material sebagaimana tercantum dalam POJK No.17/POJK.04/2020 tentang transaksi material dan kegiatan usaha (POJK 17/2020).

Transaksi yang dilaksanakan MNC Bank dalam hal ini merupakan pembelian tanah dan MNC Financial Center yang diubah namanya menjadi MNC Bank Tower, terletak di Jalan Kebon Sirih Kav. 21-27 Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Tanah yang dibeli oleh MNC Bank melalui transaksi ini memiliki luas 3.766 m2 dan bangunan seluas 28.475 m2 beserta sarana pelengkapnya.

Penandatanganan perjanjian pengikatan jual beli atas tanah dan gedung perkantoran tersebut dilaksanakan pada 23 Mei 2023 dengan total nilai transaksi Rp801 miliar.

Nilai transaksi ini setara dengan 29,53% dari total ekuitas MNC Bank yang tercatat per-31 Desember 2022 sebesar Rp2,71 triliun.

"Perseroan melakukan pembelian aset gedung dan tanah dalam rangka meningkatkan kinerja operasional dan keuangan perseroan dalam bidang perbankan," tulis manajemen MNC Bank dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin, 12 Juni 2023.

Pembelian ini dilakukan karena perseroan memandang kebutuhan akan dukungan infrastruktur kantor yang memadai agar produk dan layanan yang disediakan bisa semakin berkualitas bagi nasabah dan masyarakat secara inklusif.

Transaksi pembelian tanah dan gedung ini merupakan strategi bisnis MNC Bank dalam rangka meminimalisasi risiko kebergantungan pada sewa atas infrastruktur yang dibutuhkan untuk kegiatan operasional.

Pembelian ini pun dilakukan untuk mengefisiensikan atas beban sewa perseroan sehingga dapat meningkatkan likuiditas serta meningkatkan kinerja keuangan pada masa yang akan datang, serta memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham.