Kue Mochi
Destinasi & Kuliner

Mochi, Camilan Kenyal Nan Unik

  • Camilan unik yang bertekstur kenyal ini kenyal dan lembut ini kini sedang ramai dijual dan digemari oleh banyak orang.

Destinasi & Kuliner

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Camilan unik yang bertekstur kenyal ini kenyal dan lembut ini kini sedang ramai dijual dan digemari oleh banyak orang. Jajanan ini sebelumnya banyak dijumpai di daerah Semarang dan Sukabumi. Bahkan mochi menjadi jajanan oleh-oleh yang seringkali dibeli wisatawan untuk dibawa pulang ke rumah. Namun sejatinya, mochi bukanlah jajanan asli dari kedua daerah tersebut.

Mochi berasal dari negeri matahari terbit Jepang. Jajanan jenis satu di negara asalnya menjadi sajian wajib ketika memasuki tahun baru. Selain itu, kudapan satu ini juga identik dengan perayaan maupun upacara-upacara penting di Negara Jepang. Biasanya juga, mochi dibuat ketika sedang memasuki musim dingin. Hal ini karena mochi dianggap ringkas dan dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Dikenalnya mochi di Indonesia tidak lain berawal dari sebuah tempat di pesisir utara Pulau Jawa. Semarang diperkirakan menjadi tempat awal mochi diperkenalkan di Indonesia. Makanan ini diperkenalkan oleh para keturunan tionghoa yang kebetulan tinggal di wilayah tersebut. Bahkan makanan ini juga menjadi salah satu jajanan oleh-oleh dari Semarang.

Selain itu, disebutkan juga jika mochi dibawa langsung oleh para serdadu jepang ketika sedang menduduki wilayah Indonesia pada masa lalu. Para sedadu ini kemudian membuah olahan ini di markas pertahanan mereka di daerah Sukabumi. Masyarakat yang mengetahui olahan ini kemudian mulai meniru dan terciptalah mochi yang popular di daerah tersebut.

Kudapan mochi terbuat dari bahan dasar tepung ketan. Bahan dasar dari tepung ketan inilah yang menyebabkan mochi memiliki tekstur yang kenyal dan lembut ketika dikunyah. Proses pembuatan mochi pun tergolong cukup sulit karena harus memukul adonan dengan kayu secara terus menerus hingga menjadi halus dan dapat dicetak serta diberikan isian.

Setelah tepung beras diolah sedemikian rupa, tepung ketan ini lantas diberikan isian di dalamnya. Pada mulanya isian yang dipakai untuk kue mochi ini adalah kacang merah. Kudapan satu ini memiliki cita rasa yang manis dan kenyal. Manis berasal dari kacang merah yang dipakai isian dan kenyal dari bahan dasarnya itu sendiri.

Namun seiring dengan berjalannnya waktu isian dari mochi semakin berkembang tergantung oleh para pembuatnya. Dalam perkembangannya mochi banyak yang berisikan aneka macam buah, coklat, keju, dan ragam isian lainnya. Hingga saat ini, makanan ini semakin popular karena banyak sekali yang mulai menjajakan jajanan ini di berbagai daerah di Indonesia.