<p>Ilustrasi / msn.com</p>
Gaya Hidup

Modal Gede, Ini Sederet Keuntungan Investasi Properti

  • Tak seperti produk investasi lainnya, kepemilikan properti butuh dana yang sangat besar
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Investasi properti jadi pilihan banyak masyarakat Indonesia. Namun tak seperti produk investasi lainnya,  kepemilikan properti butuh dana yang sangat besar.

Meski begitu, hal ini tentunya tak menyurutkan masyarakat untuk menanamkan uangnya untuk memiliki properti. Berikut keuntungan investasi properti seperti dikutip TrenAsia.com dari sejumlah sumber;

1. Harga Pasti Naik

Properti baik dalam bentuk tanah atau bangunan hampir selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini lantaran permintaan lebih banyak dibandingkan dengan persediaan yang ada.

Bahkan sejumlah sumber mengatakan kenaikan harga properti melebihi kenaikan inflasi. Oleh karena itu, tidak ada kata rugi membeli properti.

2. Bisa Dijual Lagi

Seperti yang telah disebutkan, salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan investasi properti adalah dengan menjualnya. Kenaikan harganya yang selalu tajam dari waktu ke waktu menjadikan selisih harga properti Anda pun melambung tinggi.

3. Bisa Disewakan

Jika Anda tak ingin properti yang dimiliki, tak berarti investasi Anda berhenti di situ. Menyewakan properti yang Anda miliki bisa jadi pilihan lain.

Dengan begitu, Anda masih bisa memperoleh keuntungan dari waktu ke waktu selama properti tersebut digunakan oleh orang lain hingga waktu yang tidak terbatas dalam status masih milik Anda.

4. Bisa Dijadikan Jaminan

Ada hal lain lagi yang paling menyenangkan dengan memiliki properti. Anda bisa memulai sebuah usaha lainnya dan mendapatkan modal.

Kebanyakan bank pemberi kredit atau lembaga perkreditan lainnya memberikan prioritas pinjaman bagi mereka yang memiliki jaminan properti.

Uang tersebut dapat diputar lagi dalam bentuk usaha lainnya ataupun jika Anda ingin berinvestasi lagi dengan menambah properti.

5. Jadi Investasi Jangka Panjang

Dibandingkan dengan deposito, emas atau investasi lain, properti mempunyai karakter yang tahan lama. Bisnis properti memiliki jangka waktu investasi rata-rata 3 – 5 tahun. Artinya, setelah 3 – 5 tahun perkembangan nilainya sudah cukup berarti untuk menghasilkan keuntungan.

Dengan melihat peluang-peluang keuntungan dari investasi properti ini, sudah seharusnya kita memikirkan investasi yang tidak ada matinya ini. Terlebih apabila Anda bisa melihat daerah-daerah yang berpotensi mengalami perkembangan pesat dalam bidang ekonomi dan niaga.