Modus Kejahatan Terus Mengintai, Ini 5 Cara Jaga Keamanan Rekening Agar Tidak Dibobol Penipu
Gaya Hidup

Modus Kejahatan Terus Mengintai, Ini 5 Cara Tangkal Pembobolan Rekening

  • Inilah cara menjaga keamanan rekening agar tidak dibobol penjahat atau penipu.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Modus kejahatan perbankan saat ini terus mengintai. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak lengah dan selalu berusaha untuk menjaga data pribadi agar tetap aman.

Selain itu, penting bagi Anda untuk selau menjaga keamanan rekening agar tetap aman dan terhindar dari pembobolan penipu atau penjahat.

Cara Menjaga Keamanan Rekening Agar Tidak Dibobol

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS setiap ada rransaksi

Anda perlu mengaktifkan fitur ini agar jika ada transaksi lewat rekening Anda, baik dana masuk atau keluar, bank dapat mengirimkan sms pemberitahuan ke nomor telepon yang telah Anda daftarkan pada rekening tersebut.

2. Cek riwayat rekening atau mutasi atau cek saldo

Hal ini perlu dilakukan secara berkala agar Anda menyadari jika ada perubahan yang terjadi pada rekening Anda. Saat ini Anda bisa melakukan cek histori rekening di mana saja dan kapan saja karena Anda cukup mengakses mobile banking atau internet banking saja.

3. Aktifkan fitur verifikasi dua langkah

Agar keamanan data Anda selalu terjaga, pastikan untuk selalu mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah pada setiap perangkat atau ponsel Anda, seperti menggunakan pemindaian sidik jari atau wajah.

4. Hindari menggunakan Wi-Fi publik

Saat Anda melakukan transaksi perbankan pastikan untuk selalu menggunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wi-Fi publik atau free wi-fi yang biasa ada di tempat umum.

5. Jaga data pribadi

Hindari memberitahukan User ID, password atau kata sandi, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung Anda ke siapa pun termasuk pihak bank. Anda juga perlu mengganti kata sandi atau password secara berkala.

Itu tadi cara menjaga keamanan rekening agar tidak dibobol penjahat atau penipu.