Gaya Hidup

Momen Ajaib, Apa yang Terjadi Saat Bayi Menarik Napas Pertama?

  • Dalam hitungan detik setelah lahir, bayi mengambil oksigennya sendiri untuk pertama kalinya. Agar itu terjadi, paru-paru kecil dan sistem peredaran darah mereka harus berubah dalam hitungan detik.
Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Dalam hitungan detik setelah lahir, bayi mengambil oksigennya sendiri untuk pertama kalinya. Agar itu terjadi, paru-paru kecil dan sistem peredaran darah mereka harus berubah dalam hitungan detik. 

Jadi bagaimana manusia mungil ini bisa mengambil nafas yang paling menantang dalam hidupnya hanya beberapa detik setelah lahir?

Pertama, ini membantu untuk memahami bagaimana sistem peredaran darah - khususnya, paru-paru dan jantung - bekerja di dalam rahim. Paru-paru tidak memberikan oksigen ke janin selama kehamilan. Sebaliknya, menurut Texas Heart Institute, mereka diisi cairan selama perkembangan dan bayi mendapatkan oksigen melalui tali pusar dari plasenta.

Karena paru-paru belum terlibat dengan suplai oksigen, sebagian besar suplai darah janin melewati paru-paru melalui dua pembuluh darah unik janin. Yang pertama, foramen ovale yang  memungkinkan darah beroksigen dari tali pusat mengalir langsung dari atrium kanan jantung ke atrium kiri, tidak ke ventrikel kanan dan paru-paru seperti pada orang dewasa. 

Pembuluh kedua disebut duktus arteriosus yang  menghubungkan arteri tubuh utama dan arteri paru-paru utama. Menurut American Heart Association yang dikutip LiveScience Selasa 12 Oktober 2021, pembuluh ini memungkinkan darah beroksigen janin untuk menyimpang dari paru-paru dan menuju tubuh bagian bawah.

Dr. Jae Kim, seorang neonatologis dan Direktur Neonatologi di Rumah Sakit Anak Cincinnati tidak seperti jantung orang dewasa ketika bayi keluar, sisi kanan jantung adalah sisi yang dominan. Hal ini karena telah memompa darah beroksigen melalui dua pembuluh sementara ini ke seluruh tubuh. 

Tetapi setelah lahir, sistem peredaran darah akan diatur ulang. Ventrikel kiri menjadi dominan, bertanggung jawab untuk mengirimkan darah ke seluruh tubuh, sedangkan ventrikel kanan mengambil tugas baru mengirimkan darah miskin oksigen ke paru-paru.

Transformasi ini terjadi dalam serangkaian perubahan cepat tepat setelah lahir. Pertama, sel-sel yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan cairan di paru-paru janin mulai menyerap cairan begitu bayi lahir dan mengeluarkan cairan guna memberi ruang bagi oksigen yang masuk.  "Paru-paru segera bertransisi untuk diisi dengan udara," kata Kim.

Napas pertama ini bisa begitu kuat dan dramatis sehingga dalam beberapa kasus, itu membuat lubang di paru-paru bayi yang baru lahir.

Inflasi pertama paru-paru ini secara dramatis menurunkan tekanan dan resistensi terhadap aliran darah di paru-paru. Tekanan rendah mengundang darah yang dipompa keluar dari ventrikel kanan untuk dialihkan ke paru-paru neonatus

Setelah tekanan paru-paru lebih rendah dari tekanan darah sistemik, atau tekanan yang diberikan pada pembuluh darah selama kontraksi jantung, foramen ovale menutup. Tanpa jalur antara atrium kanan dan kiri, darah yang mengandung oksigen mulai mengalir dari atrium kanan ke ventrikel kanan bawah, dan kemudian dikirim ke paru-paru.

Sementara itu, tekanan rendah dalam sistem paru mengurangi darah dari duktus arteriosus, pembuluh darah yang memungkinkan darah melewati paru-paru dan menuju ke tubuh. Tidak lagi diperlukan, duktus mulai menyempit dan menutup dalam dua hari pertama kehidupan.

Pada titik ini, 100% suplai darah bayi menuju paru-paru. Untuk pertama kalinya darah jenuh karbon dioksida dipompa ke kapiler alveolar, pembuluh darah kecil di paru-paru. Alveoli  atau kantung udara kecil di paru-paru menggantikan karbon dioksida dalam darah dengan oksigen yang diambil oleh bayi.

Kim mengatakan dibutuhkan sekitar 5 menit bagi bayi sehat untuk "berwarna merah muda" dan menemukan sesuatu yang normal. Dan transisi terjadi dalam satu tarikan napas. "Ini momen yang sangat ajaib," katanya.