<p>Foto: The Guardian</p>

Monetisasi Podcast, Spotify Akuisisi Perusahaan Teknologi Iklan Megaphone

  • STOCKHOLM/NEW YORK – Spotify Technology sepakat membeli platform periklanan dan penerbitan podcast Megaphone untuk meningkatkan platform podcast-nya. Dilansir dari Reuters, Selasa, 10 November 2020, juru bicara Spotify mengatakan kesepakatan itu bernilai US$235 juta. Spotify akan menggunakan teknologi Megaphone untuk membuat iklan bertarget. Juga akan membuat alat pemantauan iklan miliknya tersedia untuk penerbit podcast pihak ketiga. […]

Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

STOCKHOLM/NEW YORK – Spotify Technology sepakat membeli platform periklanan dan penerbitan podcast Megaphone untuk meningkatkan platform podcast-nya.

Dilansir dari Reuters, Selasa, 10 November 2020, juru bicara Spotify mengatakan kesepakatan itu bernilai US$235 juta.

Spotify akan menggunakan teknologi Megaphone untuk membuat iklan bertarget. Juga akan membuat alat pemantauan iklan miliknya tersedia untuk penerbit podcast pihak ketiga.

Spotify selama ini memperoleh pendapatan dari langganan berbayar dan dengan menyebarkan iklan kepada pengguna yang tidak membayar langganan.

Perusahaan teknologi berbasis di Swedia itu melihat bisnis periklanannya kembali tumbuh pada kuartal III tahun ini setelah dilanda pandemi awal 2020. Para eksekutif mengatakan pertumbuhan iklan akan meningkat pada kuartal ini.

Investasi besarnya dalam podcast, dalam upaya menjadi konten audio Netflix, telah mendorong pertumbuhan pelanggan di saat banyak orang tinggal di rumah karena pandemi virus corona.

Sejak tahun lalu, Spotify telah menghabiskan ratusan juta dolar untuk membeli perusahaan seperti produser podcast Gimlet Media dan jaringan podcast olahraga dan hiburan Ringer.

Perusahaan mengatakan teknologi baru ini akan membantu penerbit podcast mendapatkan lebih banyak dari pekerjaan mereka.

“Kami masih dalam tahap awal dari kisah industri audio streaming, tetapi sangat jelas bahwa potensinya signifikan,” kata Chief Content & Advertising Business Officer Spotify, Dawn Ostroff.

Spotify saat ini memiliki 1,9 juta podcast, naik dari 1,5 juta di kuartal kedua. Jumlah ini meningkat didorong peluncuran besar-besaran seperti “The Michelle Obama Podcast” dan “Mama Knows Best” oleh influencer Addison Rae.