Tekno

Monster Langit, Inilah 15 Pesawat Terbesar di Dunia

  • u. Sesuatu yang mengagumkan ketika melihat pesawat lebih panjang dari kolam renang Olimpiade, lebih berat dari tank terbesar di dunia, dan lebih tinggi dari bangunan 5 lantai.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA- Keajaiban penerbangan tidak pernah berhenti memukau. Sesuatu yang mengagumkan ketika melihat pesawat lebih panjang dari kolam renang Olimpiade, lebih berat dari tank terbesar di dunia, dan lebih tinggi dari bangunan 5 lantai. 

Berikut adalah pesawat terbesar di dunia yang terbang saat ini.

AN-225/Antonov

Antonov An-225 Mriya

Dalam  sebagian besar metrik, Antonov An-225 adalah pesawat terbesar di dunia. Biro Desain Antonov Ukraina hanya membangun satu dari monster ini. Antonov merancangnya untuk membawa pesawat luar angkasa Buran dan roket pendorongnya. Tetapi pesawat itu dengan cepat menemukan pekerjaan pengangkutan udara lainnya setelah runtuhnya program luar angkasa Soviet.

An-225 adalah pesawat terberat yang pernah dibuat, dengan berat lepas landas maksimum 710 ton. Ini memegang rekor untuk total muatan sekitar 254 ton. Pesawat memiliki lebar sayap terpanjang dari setiap pesawat yang terbang saat ini yakni 88,4 meter serta enam mesin aneh.

Super Guppy/Spacelines 

Aero Spacelines Super Guppy

Guppy mungkin memang mangsa, tapi Super Guppy adalah predator. Pesawat kembung ini telah dipensiunkan oleh setiap institusi di dunia kecuali satu yang masih diterbangkan NASA. Badan antariksa Amerika menemukan dimensi lebar Guppy sempurna untuk mengangkut komponen pesawat ruang angkasa dan roket.

Super Guppy pertama dibangun dari pesawat Boeing C-97 Stratofreighter yang pertama kali terbang pada tahun 1965. Pesawat kargo turboprop sebagian besar digantikan oleh Airbus Beluga, tetapi selama NASA masih memiliki kegunaan Super Guppy pesawat itu tetap akan terbang dan tetap mengagumkan.

C-5 Galaxy/USAF

Lockheed Martin C-5 Galaxi

Dengan kapasitas angkut hampir 135 ton, C-5 Galaxy adalah pesawat terbesar yang secara rutin dioperasikan oleh militer Amerika.  C-5 memiliki ruang kargo yang cukup untuk membawa dua tank M1 Abrams, 16 Humvee, tiga Black Hawk, atau berbagai kendaraan lainnya. Tanpa kargo, C-5 dapat terbang hingga 11.000 km tanpa pengisian bahan bakar. Ini  menjadikannya sebagai pesawat angkut militer dengan jangkauan terjauh di dunia. 

Boeing 747 Dreamlifter/Boeing

Boeing 747 Dreamlifter

Pada tahun 2000-an, Boeing membutuhkan pesawat kargo dengan ruang kargo sangat besar untuk mengangkut komponen 787 Dreamliner yang suku cadangnya dibuat di seluruh dunia. Solusinya adalah mengambil pesawat terbesarnya 747 dan membangun ruang kargo khusus di sekitarnya.

Dengan luas 65.000 kaki kubik, Dreamlifter memiliki ruang kargo terbesar di dunia dan  mampu membawa tiga kali volume kargo Boeing 747-400F. Keempat Dreamlifter buatan Boeing ini juga menggunakan loader kargo terpanjang di dunia dan mampu mengangkut muatan hingga 125 ton.

An-124 Ruslan​​/Russian Defense Ministry

Antonov An-124 Ruslan​​

Inilah monster lain yang dirancang dan dibangun oleh Biro Desain Antonov. An-124 Ruslan yang dioperasikan oleh Angkatan Udara Rusia adalah pesawat militer terbesar di dunia. Selama hampir 30 tahun setelah diperkenalkan pada tahun 1984, An-124 yang oleh NATO disebut sebagai Condor adalah pesawat kargo terbesar dan terberat di dunia, selain An-225. Kemudian Boeing 747-8F menyalip An-124 pada tahun 2011.

Dengan kapasitas muatan yang dilaporkan sebesar 165 ton, An-124 dapat mengangkut lebih banyak dari C-5 Galaxy, meskipun kalah dalam jangkauan. An-124 masih akan terus menerbangkan misi pengangkutan udara ke Rusia.

B-52 Stratofortress/USAF

Boeing B-52 Stratofortress

B-52 memasuki layanan pada tahun 1955 dan model saat ini yakni B-52H   memulai debutnya pada tahun 1961. Pembom B-52 adalah kakek dari angkatan udara. Dia terus menua, tetapi masih mampu memberikan pukulan yang serius.

Bomber dapat membawa 38.000 kg senjata, dari bom konvensional presisi dipandu hingga hulu ledak nuklir. Jika pembom siluman B-2 dan pembom supersonik B-1 yang lebih muda dapat dipensiunkan ketika B-21 diperkenalkan, Angkatan Udara ingin melengkapi B-52 yang andal dengan mesin baru untuk meningkatkan efisiensi dan jangkauan.

Meski pembom raksasa memasuki dekade keenam layanannya, teknologi dalam genggamannya terus berkembang, karena Angkatan Udara juga berencana melengkapi B-52 dengan rudal Long Range Stand Off, sebuah rudal jelajah nuklir siluman.

Airbus Beluga

Airbus A300-600 Super Transporter atau , biasa disebut Beluga, dirancang khusus untuk mengangkut bagian-bagian pesawat yang besar tetapi ringan mirip dengan Dreamlifter. Memasuki layanan pada tahun 1995, pesawat sebagian besar menggantikan Super Guppy dan melayani kebutuhan Eropa untuk kargo udara besar.

Bagian yang berbeda dari pesawat dirancang dan dibangun oleh para insinyur Airbus di seluruh Eropa termasuk Inggris, Jerman, Prancis, dan Spanyol. Teluk muatannya sepanjang 38 meter dan dapat membawa hampir 52 ton.

 BelugaXL/Boeing

Airbus BelugaXL

Menyingkirlah, Beluga. Ada paus yang lebih besar. Dikembangkan pada tahun 2014, BelugaXL menerbangkan penerbangan operasional pertamanya pada tahun 2020 setelah lebih dari 200 penerbangan uji. Pesawat telah secara resmi bergabung dengan armada raksasa Airbus untuk memindahkan kargo besar ke seluruh dunia.

Pesawatnya masif. Panjangnya sekitar 63 meter dan memiliki penampang terbesar dari semua pesawat kargo di dunia. Sepasang mesin turbofan Rolls-Royce Trent 700 membantu menjaga pesawat raksasa itu mengudara.

Boeing 747

Dreamlifter memang sudah ada dalam daftar, tetapi itu hanya mewakili sebagian kecil dari pencapaian Queen of the Skies. Boeing telah membangun lebih dari 1.500 Boeing 747, dan pesawat-pesawat itu telah berfungsi sebagai pesawat penumpang dan kargo terbesar di dunia, pusat komando militer di angkasa, Air Force One, dan pengangkat pesawat ulang-alik serta teleskop inframerah untuk NASA. Plus, Iron Maiden yang memiliki satu dan disebut Ed Force One.

Pesawat sedang disingkirkan dari maskapai penerbangan demi desain lorong tunggal yang kini dapat terbang dengan jangkauan yang cukup untuk melintasi lautan. Tetapi sebagai satu-satunya jumbo jet empat mesin yang diproduksi massal di Amerika, Boeing 747 masih memiliki beberapa tahun untuk tetap terbang.

C-17 Globemaster III/USAF

Boeing C-17 Globemaster III

C-5 Galaxy mungkin pesawat militer terbesar Amerika, tetapi C-17 Globemaster adalah pekerja keras utama. Pesawat melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1991, dan 279 Globemasters telah dibangun sejak itu.

C-17 dapat mengangkut sekitar 85,5 ton ke angkasa, menerbangkan misi di seluruh dunia untuk mengangkut pasukan dan kargo, melakukan pengangkutan udara dan evakuasi medis, serta menerbangkan rute penerjunan udara. Ketika evakuasi besar-besaran Amerika dari Afghanistan, pesawat ini mencetak rekor dengan mengangkut 820 orang dalam satu penerbangan.

Airbus A380 /Airbus

Airbus A380

Airbus A380 adalah 747 Eropa, dan A380-800 adalah pesawat penumpang terbesar yang pernah dibuat dengan ruang untuk 850 penumpang. Pesawat menerbangkan beberapa rute terpanjang di planet ini. Tetapi seperti 747, ia mungkin mulai diganti dengan pesawat yang lebih kecil dengan jangkauan yang sama.

Airbus A380 benar-benar bus terbang dunia, menerbangkan lebih banyak orang pada satu waktu daripada pesawat lain dalam sejarah.

KC-10 Extender/USAF

McDonnell Douglas KC-10 Extender

McDonnell Douglas KC-10 Extender adalah pesawat tanker berkapasitas bahan bakar terbesar di dunia. Dengan lebar sayap 164 kaki, pesawat dapat mengangkut bahan bakar dalam jumlah besar yakni 52.250 galon.

Angkatan Udara sedang dalam proses memperoleh sebuah kapal tanker baru, Boeing KC-46 Pegasus yang akan lebih efisien dan memiliki avionik yang lebih canggih daripada KC-10.Tetapi Extender masih akan mengalahkan Pegasus pada kapasitas bahan bakar dengan sekitar 70 ton.

KC-10 menyimpan bahan bakar di tiga tangki sayap utama, serta tangki bahan bakar besar di bawah lantai kargo. Secara bergantian dapat diterbangkan dengan awak 75 dan 73 ton kargo, atau 85 ton kargo dalam konfigurasi all-cargo.

Stratolaunch Paul Allen/Stratolaunch Paul Allen

Stratolaunch

Stratolaunch Paul Allen tentu saja adalah pesawat monster. Menggunakan komposit dengan enam mesin ini adalah pesawat kembar yang memiliki lebar sayap terpanjang di dunia yakni 117 meter dari ujung ke ujung. Jika Anda menempatkan Stratolaunch di lapangan sepak bola, sayap akan memanjang melewati tiang gawang dengan tambahan jarak 39 meter di kedua sisi.

Pesawat ini dirancang untuk membawa roket ke stratosfer dan melepaskannya di mana mereka kemudian akan diluncurkan ke luar angkasa. Alternatif untuk peluncuran roket konvensional yang dapat menghemat bahan bakar. Stratolaunch dapat membawa tiga kendaraan peluncuran kecil sekaligus. Virgin Orbit sedang mengerjakan rencana serupa untuk meluncurkan roket menggunakan 747-400.

Pada tahun 2018, Stratolaunch melakukan uji landasan kecepatan rendah dan kecepatan tinggi. Setahun kemudian, ia terbang ke langit untuk uji terbang pertamanya. 

Tupolev Tu-160 /Russian Defense Ministry

Tupolev Tu-160 Blackjack

Tupolev Tu-160 adalah pesawat tempur supersonik terbesar dan terberat yang pernah dibuat. Pesawat ini juga memegang gelar untuk pesawat "sayap ayun" variabel-geometri terbesar. Tu-160 yang oleh NATO disebut Blackjack ini  memiliki lebar sayap 55,7 meter berat lepas landas maksimal 275 ton.

Hanya 36 pesawat yang pernah dibuat. Tu-160 yang dirancang Soviet pertama kali mengudara pada tahun 1981 dan kemudian mencetak 44 rekor dunia. Blacjack adalah pembom terakhir yang dirancang Uni Soviet.

Tetapi Tu-160 membuat comeback. Pada 2015, Rusia menghidupkan kembali pesawat monster dan memerintahkannya untuk berproduksi lagi. Tu-160R yang baru melakukan penerbangan perdananya pada Januari 2018.

Boeing 777-9/Boeing

Boeing 777-9

Boeing 777-9 adalah pesawat komersial bermesin ganda terbesar dan terpanjang di dunia. Setelah mulai beroperasi, pesawat sepanjang 251 kaki itu akan mengangkut 425 penumpang dalam penerbangan jarak jauh hingga 7.285 mil laut. Masing-masing sayap Boeing 777-9 adalah struktur komposit tunggal terbesar di dunia. Mesin kembar General Electric GE9X  yang menghasilkan sekitar 105.000 pon daya dorong adalah mesin paling kuat untuk dipasang pada pesawat komersial.

Setelah beberapa kali tertunda akibat cuaca buruk, uji terbang perdana pesawat itu berlangsung pada 27 Januari 2020. Namun jet raksasa Boeing yang resmi diluncurkan pada 2013, kini menghadapi sejumlah kendala.

Dokumen terbaru yang dilihat oleh Seattle Times mengungkapkan bahwa Federal Aviation Administration telah menghentikan proses sertifikasi jet raksasa Boeing karena sejumlah masalah, termasuk peristiwa lapangan tanpa komando yang terjadi selama salah satu penerbangan uji pesawat. Sertifikasi FAA untuk pesawat raksasa itu bisa memakan waktu setidaknya dua tahun lagi, yang berarti mungkin tidak akan beroperasi hingga 2024.