Ilustrasi pembangkit listrik.
Energi

MotoGP Mandalika 2023 Sedot Listrik 2.403 kiloWatt

  • Pada pelaksanaan MotoGP tahun 2023 di sirkuit Mandalika, tercatat realisasi pemakaian beban listrik mencapai 2.403 kiloWatt (kW), peningkatan terjadi sebesar 22 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
Energi
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

LOMBOK - Ajang balap bergengsi MotoGP yang digelar di sirkuit Mandalika telah selesai diselenggarakan dengan sukses. Salah satu elemen kunci di balik kesuksesan ini adalah penyediaan layanan listrik oleh PT PLN (Persero).

Pada pelaksanaan MotoGP tahun 2023 di sirkuit Mandalika, tercatat realisasi pemakaian beban listrik mencapai 2.403 kiloWatt (kW), peningkatan terjadi sebesar 22 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jumlah ini mencerminkan kebutuhan listrik yang semakin meningkat dalam penyelenggaraan acara tersebut.

Dilansir dari bumn.go.id, Rabu, 18 Oktober 2023, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyatakan apresiasinya atas peran penting PLN dalam memastikan pasokan listrik tetap aman dan andal selama gelaran MotoGP berlangsung. Keandalan pasokan listrik telah menjadi elemen krusial untuk keselamatan dan kelancaran acara tersebut.

Tak hanya itu, apresiasi juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. Sandiaga mengungkapkan pentingnya kerja sama antara sektor pariwisata dan perusahaan listrik seperti PLN dalam mendukung Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai destinasi sport tourism di masa depan.

Diharapkan dengan kolaborasi erat antara pemerintah, industri pariwisata, dan penyedia layanan listrik dapat menjadi kunci dalam mengangkat kesejahteraan masyarakat setempat, meningkatkan pendapatan daerah, dan memudahkan investasi di NTB.

PLN telah memainkan peran signifikan dalam mendukung MotoGP Mandalika sejak awal. PLN juga memastikan keamanan pasokan listrik melalui berbagai tahap, mulai dari kesiapan pembangkit, transmisi, distribusi, hingga Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), serta kesiapan personel yang siap tanggap dalam menghadapi segala situasi yang mungkin terjadi.

Kondisi cuaca dengan suhu tinggi dan terik di sirkuit Mandalika menambah pertumbuhan beban pemakaian listrik menjadi sangat fluktuatif. Tim-tim balap MotoGP dengan peralatan-peralatan mereka gunakan membutuhkan daya listrik untuk pengkondisian suhu dan berbagai keperluan lainnya ditengah cuaca terik.

Dengan kondisi cuaca dan tantangan lingkungan yang beragam, PLN mampu memberikan pasokan listrik untuk memastikan berlangsungnya MotoGP Mandalika lancar dan sukses. Kolaborasi antara sektor publik dan swasta yang demikian dapat membawa dampak positif bagi sebuah acara besar seperti MotoGP dan mendorong kemajuan destinasi pariwisata di Indonesia.