Industri

Motor Listrik Jadi Armada Baru Grab, Bisa Isi Baterai di Minimarket

  • Grab Indonesia resmi meluncurkan motor listrik Smoot Tempur sebagai armada baru seharga Rp14,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta ojek online, yang merupakan hasil kerja sama dengan PT Smoot Indonesia pada Senin, 21 Maret 2022 sebagai solusi dari kendaraan yang murah dan ramah lingkungan, sekaligus menjadi perluasan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.
Industri
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Grab Indonesia resmi meluncurkan motor listrik Smoot Tempur sebagai armada baru seharga Rp14,9 juta on the road (OTR) DKI Jakarta ojek online, yang merupakan hasil kerja sama dengan PT Smoot Indonesia pada Senin, 21 Maret 2022 sebagai solusi dari kendaraan yang murah dan ramah lingkungan, sekaligus menjadi perluasan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"Kerjasama ini memiliki peran penting dalam mendukung percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik, mulai dari penyediaan armada dan infrastruktur hingga pengoperasiannya," ujar President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa, 22 Maret 2022.

Motor listrik buatan Tangerang ini memiliki baterai lithium  dengan kapasitas 64V 22,5 Ah, jika dalam kondisi penuh sepeda motor tersebut mampu menempuh jarak hingga 70 kilometer. 

Selain itu, Motor listrik Smoot Tempur telah dilengkapi sistem tukar baterai dari SWAP, yang tidak perlu di cas namun dapat ditukar di SWAP Poin yang tersedia Alfamidi, Alfamart, dah Shell yang telah tersedia lebih dari 400 titik di Jabodetabek.

Smoot Tempur yang buatan Tangerang ini memiliki baterai lithium  dengan kapasitas 64V 22,5 Ah, jika dalam kondisi penuh sepeda motor tersebut mampu menempuh jarak hingga 70kilometer.

Guna mengisi ulang baterai, pemilik motor dapat menukarkan secara gratis baterai dan hanya perlu membayar tarif Swap menggunakan sistem kuota, yang mana kuota tersebut terdiri dari tiga pilihan yakni  100 km seharga Rp20 ribu, 250 km seharga Rp45 ribu dan 500 km seharga Rp80 ribu.

Sementara itu dari segi penggerak listrik, Smoot Tempur dibekali sistem penggerak listrik sebesar 1.500 watt dengan kemampuan melaju hingga 60 kilometer per jam.

Kemudian CEO Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia Irwan Tjahaja mengungkapkan dengan adanya sistem Swap pada Smoot Tempur dapat memberikan manfaat kepada para pengendara motor tersebut

"Sistem SWAP pada Smoot Tempur ini memungkinkan driver melakukan pengiriman lebih jauh tanpa perlu khawatir kehabisan baterai, serta dapat menghemat biaya transportasi," ujar CEO Smoot Motor Indonesia dan SWAP Energi Indonesia Irwan Tjahaja.

Pendistribusian sepeda motor listrik ini, akan tersedia dalam beberapa warna yakni, merah, putih serta hitam.