Ilustrasi bisnis PT MPX Logistics International Tbk (MPXL).
Industri

MPX Logistics (MPXL) Gandeng Perusahaan China Garap Pulp Project di Kaltara

  • MPXL dan China West Development akan membangun Pulp Project alias Phoenix Resources International Project di Kaltara.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) bekerja sama dengan PT China West Development untuk proyek Phoenix Resources International Project di Kalimantan Utara (Kaltara).

Penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dilakukan di Swissotel Jakarta PIK Avenue, yang mana nota tersebut menandai kemitraan antara kedua perusahaan, yang mana MPXL akan bertindak sebagai penyedia logistik dan transportasi untuk proyek konstruksi China West Development di Indonesia.

Kerja sama ini juga mencakup pembelian material semen curah ordinary portland cement (OPC) sebanyak 100.000 ton lebih.

Pembangunan Pulp Project alias Phoenix Resources International Project di Kaltara adalah proyek pertama yang akan digarap oleh kedua perusahaan.

Dalam proyek ini, MPXL akan mengatur pengiriman material senilai Rp130 miliar selama 15 bulan serta penyewaan alat berat.

Direktur Utama MPXL Wijaya Candera mengatakan, kemitraan ini akan menjamin pengiriman yang efisien, andal, dan terukur dari material konstruksi ke lokasi proyek.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dikatakan Wijaya sebagai wujud kepercayaan dari China West Development.

Dengan adanya kemitraan ini, MPXL secara resmi masuk juga ke bisnis penyewaan alat berat sebagai divisi yang baru dibentuk perseroan.

"Saya berharap kerja sama ini dapat menjadi acuan bagi kami untuk selalu bersemangat menggali proyek-proyek baru dan akan selalu ikut andil dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, China West Development adalah bagian dari China West Construction Group Co., Ltd. yang merupakan penyedia layanan umum domestik terkemuka terkait material bangunan.

Pada tahun 2017, perusahaan mulai memperluas bisnisnya ke Indonesia dengan fokus kepada industri konstruksi spesialisasi produk beton.

Proyek di Indonesia yang menggunakan beton dari China West Development di antaranya adalah proyek Meikarta, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan beberapa proyek ritel lainnya.