Peluncuran Smile Optimal Flexilink dari MSIG Life Insurance di MSIG Tower, Jakarta, Selasa 6 Februari 2024.
IKNB

MSIG Life Targetkan Porsi Unit Link (PAYDI) Tembus 35 Persen Tahun Ini

  • CEO dan President Director MSIG Life, Wianto Chen, menjelaskan bahwa perusahaan akan mematuhi Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 5 Tahun 2022 tentang PAYDI (SEOJK Paydi), dengan memfokuskan penjualan produk unit-linked kepada segmen nasabah yang memiliki pemahaman mendalam tentang investasi dan nasabah prioritas.
IKNB
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Perusahaan asuransi jiwa PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk. (LIFE), sebelumnya dikenal sebagai Sinarmas MSIG Life, memiliki rencana ambisius untuk memperoleh sebanyak 35% dari porsi premi produk asuransi yang terkait dengan investasi (PAYDI) atau yang lebih populer dikenal sebagai unit-link pada tahun 2024. 

CEO dan President Director MSIG Life, Wianto Chen, menjelaskan bahwa perusahaan akan mematuhi Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 5 Tahun 2022 tentang PAYDI (SEOJK Paydi), dengan memfokuskan penjualan produk unit-linked kepada segmen nasabah yang memiliki pemahaman mendalam tentang investasi dan nasabah prioritas.

“Kita ingin kembali ke level di 35% untuk unit-link di tahun ini,” papar Wianto dalam acara peluncuran produk PAYDI Smile Optima Flexilink di Jakarta, Selasa, 6 Februari 2024. 

Wianto menyebutkan bahwa dalam enam bulan terakhir, MSIG Life tidak memasarkan produk unit-linked dan menggantinya dengan produk tradisional. 

Akibatnya, pada tahun 2023, porsi produk unit-linked mengalami penurunan dan digantikan oleh produk tradisional. “Selama enam bulan itu kami vakum dan membaca situasi pasar,” papar Wianto.

Wianto menjelaskan, tahun lalu, porsi PAYDI turun menjadi sekitar 25%. Dari sebelumnya 75%, turun menjadi sekitar 25% karena MSIG Life hanya menjual di kuartal pertama karena adanya kebijakan OJK yang membatasi. 

Meskipun porsi premi perusahaan bergeser dan lebih didominasi oleh produk tradisional, Wianto berharap bahwa total pendapatan premi yang diperoleh MSIG Life dapat tumbuh lebih tinggi daripada pasar secara keseluruhan. 

Dia menekankan pentingnya komposisi produk, terutama dengan pergeseran ke produk tradisional yang banyak terkait dengan asuransi kesehatan, yang mengakibatkan klaim yang tinggi. Dalam konteks ini, perusahaan berkomitmen untuk memperbaiki komposisi produk mereka.

Sebagai informasi, setelah vakum enam bulan, MSIG Life telah meluncurkan produk terbaru bernama Smile Optima Flexilink. PAYDI ini ditujukan untuk segmen usia produktif yang sudah mapan dan memiliki pemahaman finansial. 

Smile Optima Flexilink akan didistribusikan melalui agen asuransi, menyajikan berbagai manfaat optimal, termasuk uang pertanggungan hingga 300%, bonus loyalitas, jaminan polis tetap selama 15 tahun pertama, dan fleksibilitas untuk melindungi langkah nasabah menuju kebebasan finansial.