Ponsel, telepon, panggilan, smartphone
Tekno

Mudah! Begini Cara Membisukan Panggilan dari Nomor Tidak Dikenal di WhatsApp

  • Simak penjelasan mengenai fitur WhatsApp dan cara membisukan panggilan dari nomor tidak dikenal di WhatsApp.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Apakah Anda sering mendapatkan panggilan dari nomor tidak dikenal di WhatsApp yang mengirimi Anda spam sepanjang hari? Jika ya, cara ini harus Anda simak untuk membungkam panggilan spam tersebut.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chat atau perpesanan yang cukup populer, terutama di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan juga jika ada banyak modus penipuan yang melibatkan penggunaan WhatsApp.

Jika Anda mengalaminya, fitur baru milik WhatsApp ini tentu akan memudahkan Anda. WhatsApp baru-baru ini memperkenalkan fitur baru yang secara otomatis akan membisukan panggilan dari nomor yang tidak dikenal. Fitur ini disebut ‘Silence unknown callers’.

WhatsApp hadirkan fitur baru untuk atasi panggilan spam

Fitur ini muncul setelah adanya keluhan dari pengguna WhatsApp yang sering mengeluhkan adanya peningkatan panggilan spam yang menggunakan aplikasi tersebut. Untungnya, WhatsApp menanggapi keluhan tersebut dengan meningkatkan sistem deteksi spam aplikasi yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning (ML) untuk mengurangi penipuan dan panggilan spam hingga 50%.

Fitur Silence unknown caller dibuat untuk memberikan pengguna privasi dan kendali yang lebih besar atas panggilan masuk di akun WhatsApp pengguna. Fitur ini diklaim secara efektif memblokir spam, penipuan, dan panggilan dari nomor asing untuk melindungi Anda dari potensi penipuan yang berbahaya.

Panggilan dari nomor tidak dikenal ini tidak akan mengganggu Anda lagi karena tidak akan memunculkan nada dering. Meski begitu notifikasi panggilan akan tetap muncul di daftar panggilan jika seandainya penelepon itu ternyata penting.

Cara Membisukan Penelepon Tidak Dikenal di WhatsApp

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gangguan di WhatsApp Anda.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di Android, iPhone, atau perangkat lainnya.
  2. Buka menu ‘Settings’. Di ponsel Android, ketuk ikon menu berbentuk tiga titik di kanan atas untuk mengakses menu Settings. Sedangkan di ponsel iPhone, Anda perlu mengetuk ikon Settings yang ada di pojok kiri bawah.
  3. Sekarang, ketuk ‘Privacy’.
  4. Ketuk ‘Calls’ kemudian pilih ‘Silence unknown callers’.

Fitur ini hanya akan membungkam panggilan dari nomor tak dikenal, jadi disarankan untuk memblokir dan melaporkan penelepon jika Anda menerima panggilan tidak dikenal atau panggilan spam semacam itu.

Untuk memblokir nomor telepon yang tidak dikenal di WhatsApp, cukup buka obrolan dengan nomor tersebut dan ketuk opsi ‘Blokir’ atau ‘Block’. Jika Anda juga ingin melaporkan kontak tersebut, ketuk ‘Report contact" kemudian ‘Block’. Jika Anda memblokir kontak, mereka tidak akan dapat menelepon atau mengirimi Anda pesan, dan juga tidak akan melihat pembaruan atau foto profil Anda.

Itu tadi penjelasan mengenai fitur WhatsApp dan cara membisukan panggilan dari nomor tidak dikenal di WhatsApp.