Ponsel, telegram, chat
Tekno

Mudah Digunakan oleh Oknum Penipu, Ini Cara Aman Gunakan Telegram

  • Simak cara agar tetap aman saat menggunakan Telegram, tetap waspada dan berhati-hati!
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Keamanan saat mengakses internet adalah sesuatu yang harus menjadi prioritas kita. Meski mungkin hal itu tampak sedikit merepotkan karena Anda harus melakukan begitu banyak langkah keamanan untuk setiap aplikasi yang digunakan, tapi akan jauh lebih merepotkan ketika informasi pribadi Anda dicuri. 

Seperti yang Anda ketahui, saat ini sudah ada banyak aplikasi perpesanan instan yang memudahkan kita untuk saling terhubung dan berkomunikasi, salah satunya Telegram. Telegram memiliki reputasi yang baik sebagai aplikasi perpesanan karena lebih ringan, bisa digunakan di banyak perangkat, memiliki fitur yang canggih, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, kemudahan yang disediakan oleh Telegram seringkali dimanfaatkan oleh oknum penipu tidak bertanggung jawab.

Cara Tetap Aman Menggunakan Telegram

Cara aman menggunakan Telegram

Meski Anda bisa tetap aman ketika tidak membagikan informasi penting apapun, masih ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memastikan privasi dan keamanan Anda. 

Meski Anda mungkin berpikir semua poin ini tidak berlaku untuk Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan, terutama jika Anda berniat untuk bergabung dengan grup yang ada banyak orang yang tidak dikenal.

Periksa Sesi Aktif atau Active Session

Anda bisa memeriksa active session di Telegram dengan klik ikon menu, lalu klik Settings, tap opsi Devices, lalu tap Terminate All Other Sessions, dan tap Terminate. Pengaturan ini akan menampilkan semua sesi aktif yang masuk ke akun Anda, sehingga Anda bisa mengetahui perangkat apa saja yang mengakses akun Telegram Anda.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Telegram memiliki fitur keamanan di mana Anda dapat dikirimi pesan verifikasi dua langkah ke aplikasi Anda. Itu artinya Anda memerlukan setidaknya satu perangkat yang masuk saat Anda masuk ke perangkat lain.

Terapkan Password di Akun Telegram

Dengan banyaknya perangkat yang kita gunakan bersamaan di akun Telegram Anda, mustahil Anda bisa membawa semuanya sepanjang waktu. Meski Anda mungkin memercayai bahwa semua orang yang memiliki akses ke komputer Anda, ada kalanya mereka tidak bisa dipercaya. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan password di akun Telegram untuk menambahkan lapisan keamanan lain.

Gunakan Sidik Jari

Anda bisa menambahkan opsi keamanan sidik jari di akun Telegram. Hal ini bisa dilakukan untuk menambah lapisan keamanan sehingga akun Telegram Anda jadi lebih aman.

Anda bisa melakukan pengaturan Privacy and Security lalu tap bagian opsi Passcode Lock. Anda hanya dapat menggunakan kode keamanan empat digit. Setelah memasukkan kode sandi, Anda dapat memilih opsi Unlock with Fingerprint. 

Sembunyikan Nomor Telepon

Telegram memiliki fitur grup yang bisa Anda ikuti. Jika Anda bergabung dengan banyak grup atau bahkan hanya satu grup saja dengan orang yang tidak Anda kenal, Anda harus menyembunyikan nomor telepon Anda di Telegram.

Atur Foto Profil

Orang-orang cenderung suka menampilkan berbagai momen kehidupan dalam foto profilnya di Telegram. Akan tetapi, jarang sekali orang ingin semua orang melihat foto profil tersebut. Oleh karena itu, atur foto profil Anda hanya bisa dilihat oleh kontak Anda saja.

Itu tadi cara agar tetap aman saat menggunakan Telegram, tetap waspada dan berhati-hati!