Fintech

Mudahkan Jemaah Haji, Debit Muamalat Kini Bisa Dipakai di ATM Arab Saudi

  • PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) memberikan kemudahan bagi nasabahnya yang merupakan jemaah haji.
Fintech
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) memberikan kemudahan bagi nasabahnya yang merupakan jemaah haji. Hal ini dilakukan dengan mempermudah transaksi jemaah di Tanah Suci lewat fasilitas kartu Shar-E Debit Muamalat.

Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan mengatakan bahwa kini kartu Shar-E Debit Muamalat berlogo VISA dapat digunakan di mesin ATM dan Electronic Data Capture (EDC) berlogo VISA/Plus di Arab Saudi.

Selain itu, Kartu ini juga dapat digunakan di mesin ATM milik Bank Al Rajhi yang tersebar di Makkah, Madinah dan Jeddah.

“Kelebihan dari kartu Shar-E Debit ini adalah tersedia pilihan transaksi bahasa Indonesia saat bertransaksi di ATM," ujar Indra dalam keterangan pers yang diterima Rabu, 31 Mei 2023.

Menurut Indra, hal ini sangat bermanfaat sekaligus memberikan nilai tambah kepada para nasabah Bank Muamalat yang menunaikan ibadah haji di tanah suci.

Ia menambahkan bahwa ini juga sejalan dengan komitmen Bank Muamalat untuk senantiasa berkontribusi terhadap kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji.

Sebagai informasi, ada perbedaan antara transaksi non tunai menggunakan debut muamalat Share E dan kartu berlogo visa lainnya. Setiap bertransaksi tarik tunai di ATM berlogo VISA atau Visa Plus di Arab Saudi, nasabah mendapatkan subsidi biaya tarik tunai dengan kurs yang kompetitif.

Ada Subsidi Belanja

Selain subsidi biaya tarik tunai, Bank Muamalat memberlakukan subsidi belanja yang berlaku di toko/merchant berlogo VISA/Plus pada nasabah pemilik kartu debit Share-E . Namun, ada syarat dan ketentuan  yang berlaku.

Menurut Indra, kartu Shar-E Debit Muamalat sudah bisa digunakan untuk bertransaksi secara online di berbagai e-commerce/online shop dengan fitur keamanan yang sudah tersertifikasi oleh VISA.

Pengamanan transaksi pada fitur ini menggunakan teknologi 3D Secure dengan validasi One Time Password (OTP) berupa PIN 6 digit yang dikirimkan melalui SMS.

Adapun Tujuan OTP adalah untuk memastikan keamanan transaksi antara merchant dan pelanggan seolah keduanya bertransaksi secara tatap muka.

Sebagai informasi, Bank Muamalat memiliki produk perbankan bagi masyarakat yang ingin merencanakan ibadah haji yang bernama Tabungan iB Hijrah Haji. Nasabah yang membuka tabungan ini akan dibekali dengan kartu Shar-E Debit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di tanah suci.