Mudahkan Pengguna, Microsoft Tambahkan Sistem Chatbot AInya ke 365
Tekno

Mudahkan Pengguna, Microsoft Tambahkan Sistem Chatbot AInya ke 365

  • Sebelumnya, Copilot dalam Microsoft 365 hanya tersedia untuk bisnis yang membeli 300 langganan atau lebih. Tetapi sekarang, Microsoft telah menghilangkan persyaratan ini, membuat Copilot bisa dinikmati oleh perusahaan kecil, dan harganya terjangkau sekitar US$30 atau setara Rp450 ribu (kurs Rp15.000) per bulan.
Tekno
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Microsoft mengumumkan bahwa mereka menyisipkan sistem chatbot AI mereka, Copilot, ke dalam paket berbayar Microsoft 365.

Copilot adalah langkah Microsoft untuk ikut bermain dalam permainan teknologi terkini. Meskipun alat AI baru bermunculan hampir setiap hari, Microsoft memiliki keunggulan berkat kemitraannya dengan OpenAI, yang merupakan organisasi di balik sistem chatbot terkenal, ChatGPT. 

Sebelumnya, Copilot dalam Microsoft 365 hanya tersedia untuk bisnis yang membeli 300 langganan atau lebih. Tetapi sekarang, Microsoft telah menghilangkan persyaratan ini, membuat Copilot bisa dinikmati oleh perusahaan kecil, dan harganya terjangkau sekitar US$30 atau setara Rp450 ribu (kurs Rp15.000) per bulan.

Dalam keterangan resmi yang diunggah di laman website perusahaan, Microsoft menjelaskan bahwa Copilot bisa membantu dalam banyak pekerjaan kantor, termasuk "email, pertemuan, obrolan, dokumen, dan banyak lagi, termasuk web." 

Cara kerjanya melalui perintah bahasa alami, seperti "beri tahu tim saya bagaimana kami memperbarui strategi produk," kata Microsoft. 

Copilot juga bisa menganalisis data Excel, merangkum pertemuan yang diadakan di Teams, dan lainnya. Fitur ini tentu akan berguna bagi karyawan bisnis kecil yang sering kesulitan dengan fitur-fitur yang kompleks di Word dan khawatir menghabiskan waktu berlebihan untuk mempelajari fitur di Excel demi merangkum laporan.

Sistem Copilot Microsoft juga memiliki keunggulan lain. Anda bisa bertanya kepada AI dari pihak ketiga yang bukan milik Microsoft tentang cara menganalisis data atau merangkum dokumen untuk Anda, tetapi Anda harus memilih dari banyaknya pilihan. 

Sebagai bagian dari pengumuman tentang penggunaan yang diperluas dari Copilot, Microsoft juga mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan pengumuman mengenai Copilot custom GPTs. 

Custom GPTs pada dasarnya adalah chatbot yang berspesialisasi karena telah dilatih pada sebagian data tertentu. Anda bisa melatih misalnya, untuk dengan cepat merangkum jenis kertas akademis yang relevan untuk bisnis Anda. 

Chatbot kustom ini hadir dengan pertimbangan untuk memberikan pengalaman lebih baik dalam tugas yang lebih spesifik.