Nampak pemudik antri keluar di pintu kedatangan Terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, Minggu 30 April 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
BUMN

Mudik Bersama BUMN Efektif Angkut 80.215 Orang

  • Kementerian BUMN menggelar mudik bersama 2024 untuk mengakomodir para pemudik yang akan kembali ke kampung halaman. Sebanyak 88 perusahaan BUMN ikut serta dalam gelaran mudik bersama tersebut, di mana PT Jasa Raharja ditunjuk sebagai koordinator penyelenggara.
BUMN
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kementerian BUMN menggelar mudik bersama 2024 untuk mengakomodir para pemudik yang akan kembali ke kampung halaman. Sebanyak 88 perusahaan BUMN ikut serta dalam gelaran mudik bersama tersebut, di mana PT Jasa Raharja ditunjuk sebagai koordinator penyelenggara.

Dirut Jasa Raharja, Rivan A. Purwanto mengatakan, dari 88 BUMN yang menggelar mudik bersama ternyata berkontribusi secara signifikan membawa 80.215 pemudik atau di atas 20% dari tahun sebelumnya.

"88 BUMN ini memberi kontribusi yang signifikan yang (membawa) 80.215 pemudik, artinya ini siginifikan. Ini di atas 20 persen daripada tahun lalu," katanya dalam konpers di Kementerian BUMN dilansir Kamis, 28 Maret 2024.

Adapun mudik gratis BUMN ini menggunakan ragam moda transportasi di antaranya, armada bus sebanyak 1.225 dengan kuota 55.607, armada kereta api sebanyak 60 dengan kuota 18.998 penumpang, dan armada kapal laut sebanyak 15 unit dengan kuota 5.610 penumpang.

Rivan menjelaskan, untuk moda transportasi kereta api dinyatakan sudah full namun untuk kapal laut masih tersisa 561, sedangkan bus masih 30% yang terintegrasi atau sudah ada 21,623 kuota terisi. Namun Rivan menegaskan, kuota yang tersisa masih dalam tahap verifikasi hingga hari ini.

Menurut Rivan, Jawa Tengah masih menjadi tujuan paling banyak dituju peserta mudik gratis BUMN. Adapun rencananya mudik gratis BUMN akan diberangkatkan dari Silang Monas pada 5 April 2024.

Jasa Raharja mengimbau untuk menjaga kondisi badan tetap prima termasuk mempersiapkan kendaraan di masa musim mudik lebaran 2024. Hal ini tentunya untuk menghindari kecelakaan maupun hal lain yang mengganggu perjalanan jarak jauh.

Untuk yang berpergian menggunakan kendaraan pribadi mobil diharap untuk mengecek ketersediaan saldo kartu elektronik dan mengisinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kepadatan di akses keluar tol yang mengakibatkan terganggunya pemudik lain.

Diskon Tarif Tol Masih Dibicarakan

Sebelumnya, Sejumlah operator jalan tol tengah menyiapkan diskon tarif tol yang bakal diberlakukan selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) menyatakan pihaknya telah menerima surat rekomendasi dari Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) untuk menerapkan diskon tarif tol pada momentum mudik lebaran 2024.

Saat ini Jasa Marga belum dapat memberikan informasi mengenai berapa besaran diskon tarif tol yang ditetapkan namun rencana memberikan diskon tarif tol sepanjang lebaran 2024 akan berlaku.

"ATI (Asosiasi Tol Indonesia) sudah berkirim surat ke BUJT (badan usaha jalan tol) dan kami akan segera berikan jawaban," jelas Fitri dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Rabu, 27 Maret 2024.