<p>Pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta Pusat. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Mudik Dilarang, KAI Batalkan Perjalanan KA Jarak Jauh

  • KAI memberikan refund 100% untuk pembatalan tiket keberangkatan KA sampai dengan 4 Juni, yang bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun.

Nasional
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta resmi memperpanjang pembatalan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh arah Barat (Jakarta/Bandung) dan arah Timur (Surabaya/Malang/Ketapang) untuk mudik lebaran sampai dengan 31 Mei 2020.

Langkah ini dilakukan untuk mendukung larangan mudik dari pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penularan COVID-19.

Sebelumnya PT KAI menerapkan pola pembatalan sementara perjalanan KA sampai 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengungkapkan setelah dilakukan evaluasi, PT KAI memutuskan untuk memperpanjang pembatalan sementara kereta jarak jauh.

“Selain membatalkan perjalanan KA jarak jauh, terdapat juga pembatalan sementara KA Perintis Batara Kresna relasi Purwosari–Wonogiri (PP),” terang dia dalam keterangan resmi di Yogyakarta, Selasa, 28 April 2020.

Masyarakat yang telah memiliki tiket perjalanan mudik, dapat melakukan pembatalan perjalanannya atau me-reschedule. PT KAI memberikan refund 100% untuk pembatalan tiket keberangkatan KA sampai dengan 4 Juni, yang bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access atau loket stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi dapat dilakukan hingga maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan dan biaya pengganti diberikan paling lambat 45 hari ke depan.

Sedangkan untuk pembatalan di loket stasiun, penumpang dapat melakukannya di semua stasiun keberangkatan KA jarak jauh dan lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan KTP, kode booking, dan uang akan langsung diganti secara tunai.

Eko menambahkan, Daop 6 Yogyakarta untuk sementara waktu hanya melayani perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) dan KA Angkutan Barang.

Adapun KA Prameks yang masih beroperasi, antara lain 4 perjalanan relasi Yogyakarta-Solo Balapan dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Yogyakarta pukul 05.15 WIB, 08.20 WIB, 12.05 WIB, 15.55 WIB, serta 4 perjalanan relasi Solo Balapan-Yogyakarta dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pukul 06.35 WIB, 09.50 WIB, 14.20 WIB, 18.12 WIB. (SKO)